Gubernur Pastika Sambut Baik Kampung Bali di Kota Quanzhou, Tiongkok - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/1/18

Gubernur Pastika Sambut Baik Kampung Bali di Kota Quanzhou, Tiongkok


Denpasar, Dewata News. Com - Keberadaan Kampung Bali Nanshan di Quanzhou, Provinsi Fujian, Tiongkok disambut baik Gubernur Bali Made Mangku Pastika. Kampung yang sebagian besar warganya menggunakan Bahasa Bali sebagai bahasa pergaulan setelah Mandarin itu saat ini tengah melakukan beberapa pembangunan agar suasananya sama dengan kondisi di Bali. Terkait hal itu, Gubernur Pastika sangat mendukung progres pembangunan Kampung Bali yang diprakarsai oleh Warga Bali keturunan Tionghoa tersebut.
Hal tersebut disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika didampingi Ny. Ayu Pastika, Selasa (31/7) malam saat menghadiri malam persaudaraan Perhimpunan Persahabatan Indonesia Tiongkok  (PPIT) Bali bersama Kampung Bali, Nanshan, Kota Quanzhou, Provinsi Fujian, Tiongkok.
“Tentu Saya menyambut baik adanya Kampung Bali di Tiongkok, ini merupakan kecintaan mereka terhadap Bali. Membuktikan bahwa warga Bali keturunan Tionghoa juga peduli terhadap Bali. Mudah-mudahan, bekerja sama dengan PPIT, kita (Pemprov Bali) bisa membangun Kampung Bali supaya lebih bernuansa Bali seperti yang telah kita dengarkan tadi (Pemaparan Ketua Kampung Bali-red),” ujar Pastika.
Ditambahkan Mantan Kepala Polda Bali asal Buleleng itu, denga adanya Kampung Bali akan semakin mempererat persaudaraa antara Indonesia (Bali) dengan pemerintah Tiongkok yang memang selama ini sudah terjalin dengan baik. Menurutnya, antara Bali dengan Tiongkok ada kemiripan baik dari arsitektur, budaya dan lainnya. Untuk itu, Orang nomor Satu di Pemerintah Provinsi Bali ini berencana ingin mengunjungi kampung Bali Nanshan meski pada 29 Agustus 2018, dirinya sudah tidak menjabat sebagai Gubernur Bali karena Purna tugas.
“Saya berjanji akan berkunjung ke kampong Bali meski saya sudah tidak sebagai Guebrnur lagi, karena sebentar lagi Saya akan tidak sebagai Gubernur lagi,” ungkap Pastika.

Hal senada juga disampaikan Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia Tiongkok (PPIT) Provinsi Bali, Cahaya Wirawan Hadi yang mengatakan jika kehadiran rombongan warga Kampung Bali ke Pulau Dewata merupakan kesempatan baik karena pihaknya selama ini telah diterima baik saat berkunjung ke Kampung Bali. Menurutnya, nuansa Bali sangat kental di Kampung Bali baik dari bahasa pergaulan, musik, makanan dan arsitekturnya meski belum sempurna.
“Ini meruapakn kesempatan baik karena kita telah diterima baik saat berkunjung ke kampung Bali, kedatangan nyame nyame Bali, tidak sebatas silaturahmi namun meningkatkan hubungan harmonis antar negara (indonesia-Tiongkok). Kita semua adalah saudara,” ucapnya.
Sementara itu, Konjen Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar Gou Haodong dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini antara PPIT Bali dengan Kampung Bali di Tiongkok. Menurutnya, Orang Indonesia dan Tiongkok adalah teman yang sangat akrab yang terjalin sangat baik selama ini.
“Saya melihat rombongan kampung Bali sangat senang. Mereka datang ke Bali karena mereka lahir di Bali. Mereka perwakilan Bali dan tiongkok, menjadi jembatan hubungan kedua negara. Hubungan sangat erat seperti kakak adik. Kami memiliki tanggungjawab yang sangat berat, kami akan terus berusaha demi hubungan yang baik antara indonesia dan tiongkok,” imbuhnya. (DN - NgR)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com