75 Orang Calon Paskibraka Gianyar Siap Ikuti Binlat - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

8/2/18

75 Orang Calon Paskibraka Gianyar Siap Ikuti Binlat


Gianyar, Dewata News. Com - Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75, di Kabupten Gianyar telah mulai dipersiapkan putra putri terbaik yang akan bertugas sebagai pasukan pengibar bendera pusaka atau Paskibraka. Sebanyak 75 siswa SMA dan SMK se-Kabupaten Gianyar telah terpilih dan mengikuti Pembinaan dan Pelatihan (Binlat) Calon anggota Paskibraka, yang dibuka oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Setda Kab. Gianyar,  I Wayan Suardana,S.Sos. MAP, di Balai Budaya, Kamis (2/8).

Pasukan pengibar bendera pusaka dipilih dari putra putri terbaik se-Kabupaten Gianyar, kader pemimpin bangsa yang direkrut dan diseleksi secara bertahap dan berjenjang. Kepada anggota Paskibraka, Wayan Suardana menekankan selama mengikuti proses pelatihan mereka akan diberikan pengetahuan dan wawsan kebangsaan serta kemampuan baris berbaris yang tujuannya membentuk karakter dan kedisiplinan.

“ Mereka ini nantinya akan bertugas melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera, jadi saya harap mampu melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab dan disiplin yang tinggi,” tegas Wayan Suardana.

Ditambahkan pula, selama mengikti proses pelatihan ini Wayan Suardana berharap pengetahuan dan keterampilan yang didapat tidak hanya diaplikasikan dalam proses pengibaran bendera saja, namun lebih utama lagi adalah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari disamping dapat digetok tularkan kepada lingkungan sekitarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gianyar, Drs.A.A Gede Agung, MAP menjelaskan, seleksi calon paskibraka dilaksanakan melalui 3 tahap seleksi.tahap pertama melalui tingkatan seleksi dimasing-masing sekolah dengan membentuk suatu pasukan di masing-masing sekolah. Tahap kedua melalui pelaksanaan lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) pada tahap ini dilaksanakan penjaringan calon Paskibraka Kabupaten Gianyar. sedangkan tahap ketiga melalui seleksi kesemaptaan (pembunaan fisik, mental) kesehatan dan bakat serta minat para calon paskibraka.

Dari seleksi terakhir sejumlah 235orang siswa menyisakan sebanyak 75 orang calon paskibraka yang terdiri dari 36 putra dan 39 putri. Proses seleksi ini menurut A.A Gede Agung bekerjsama dengan unsur TNI (Kodim) sebagai koordinator pelatihan, Polres, matra Kesehatan dan rekan-rekan PPI Kabupaten Gianyar. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com