Workshop Perpustakaan, Gianyar Miliki 447 Perpustakaan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

7/11/18

Workshop Perpustakaan, Gianyar Miliki 447 Perpustakaan


Gianyar, Dewata News. Com - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar, Dewa Gede Putra Amarta membuka Workshop Perpustakaan di UPT Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten  Gianyar (11/7).

Workshop Perpustakaan diikuti 50 peserta berasal dari pengelola perpustakaan desa/kelurahan dan SMP se-Kabupaten Gianyar.

Kabid Deposit Pengembangan dan Pengolahan Perpustrakaan, Dispusar Gianyar, Ni Made Seriasih melaporkan workshop dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 11-12 juli. Peserta diberikan pengetahuan dan praktek pengelolaan perpustakaan dan pengelohan bahan pustaka manual maupun berbasis teknologi informasi. Dimana pengelohan perpustakaan berbasis teknologi informasi menggunakan Program Perpuseru hasil kerjasama Dispusar Gianyar bersama Perpustakaan nasional dan Coca Cola Faoundation.  Melalui Workshop peserta diharapakan mendapat pemahaman dalam pengelolaan perpustakaan secara teori dan praktek.

Seriasih menambahkan di Gianyar saat ini terdapat 447 perpustkaan, terdiri dari 369 perpustakaan sekolah, 70 perpustakaan desa/kelurahan, 5 perpustakaan instansi pemerintah, serta 3 perpustakaan keliling. Dari 447 perpustakaan yang ada terdapat 893.426 judul buku dengan jumlah kunjungan sebanyak 312.126 orang perbulan.

Kepala Dispusar Gianyar, Dewa Gede Putra Amarta, berharap melalui workshop perpustakaan dapat dikelola lebih professional, agar pengunjung merasa senang, nyaman dan rutin dating ke perpustakaan. Untuk itu diperlukan adanya standar koleksi, sarana dan prasarana, layanan, SDM, penyelenggaran serta pengelolaan perpustakaan. Dengan meningkatnya layanan perpustakaan dapat meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat menuju peningkatan mutu pendidikan dan sumberdaya manusia.

Peserta workshop, I Wayan Purnayasa dari Desa Batubulan, menyambut baik pelaksanaan workshop, karena sangat bermanfaat dalam peningkatan pengelolaan perpustakaan. Kedepan diharapkan selain adanya peningkatan pengetahuan pengelola perpustakaan diharapkan dapat lebih difasilitasi peningkatan koleksi buku perpustakaan yang ada.

Workshop menghadirkan narasumber dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali, Dra. Gusti Ayu Komang Suryati dengan materi Pengolahan bahan pustaka, Drs. I Wayan Tunjung dengan materi pengantar perpustakaan dan Drs. Rosbaedi dengan materi Pengantar Klasifikasi Perpustkaan. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com