Dishub Klungkung Adakan Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/25/18

Dishub Klungkung Adakan Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan


Klungkung, Dewata News. Com - Pengemudi memegang peranan dan tanggung jawab yang penting dalam menurunkan angka kecelakaan lalu lintas (lalin). Upaya pembinaan terhadap awak kendaraan khususnya awak kendaraan umum sangat relevan dalam rangka peningkatan kualitas dan kinerja mereka sehingga angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung menyelenggarakan pembinaan dan pemilihan Abdi yasa teladan/Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) tingkat Kabupaten Klungkung tahun 2018. Kegiatan dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Ruang Rapat Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung, Senin (25/6).

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyampaikan transportasi mempunyai peranan sangat penting dan strategis, untuk itu para awak kendaraan umum diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guna meningkatkan pelayanan jasa terhadap masyarakat, memperoleh pengakuan profesi dan perannya di bidang transportasi dari seluruh elemen masyarakat, mendorong operator angkutan umum agar senantiasa mempersiapkan awak kendaraan umum yang berkualitas, berdisiplin, bertanggung jawab dan memiliki wawasan yang luas, serta menumbuh kembangkan citra yang baik bagi awak kendaraan umum akan etika profesinya. 

“Jadikan lomba ini sebagai ajang untuk memberikan motivasi menjadi pengendara dan pelayan yang baik,” ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menambahkan pemilihan AKUT ini juga memiliki manfaat positif yang dapat merubah sikap dan perilaku pengemudi baik dari segi cara berpakaian, berbicara dan perperilaku menjadi lebih disiplin dan beranggungjawab dalam rangka menciptakan transportasi yang baik di kabupaten klungkung. 

"Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan dan meningkatkan pelayanan jasa terhadap masyarakat,” pesannya. 

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Nyoman Sucitra menyampaikan maksud dilaksanakannya pemilihan AKUT ialah untuk mendudukkan insan awak kendaraan umum agar sejajar dengan insan pembangunan lainnya dengan cara memberikan motivasi dan penghargaan terhadap profesinya. Tujuan pemilihan AKUT, tambah Nyoman Sucitra, adalah untuk mewujudkan pelayanan jasa angkutan umum yang baik dengan mempersiapkan awak kendaraan umum yang bermutu, disiplin, dan bertanggung jawab, mengurangi jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas terutama yang disebabkan oleh faktor pengemudi angkutan umum, serta untuk mewujudkan peran serta masyarakat dalam memberikan penilaian terhadap kinerja awak kendaraan umum melalui pemilihan AKUT. 

“Penyelenggaraan pemilihan awak kendaraan umum teladan di bidang transportasi darat ini memiliki arti strategis dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. ini merupakan program dari pemerintah pusat yang wajib diikuti seluruh kabupaten/kota di seluruh provinsi.” jelas Sucitra.

Pemilihan AKUT ini dilaksanakan selama dua hari dimulai dari hari senin (25/6) hingga selasa (26/6) yang diikuti oleh 35 orang peserta yang terdiri dari awak angkutan penumpang umum di Kabupaten Klungkung dari berbagai trayek/jurusan. Sedangkan sebagai instuktur/pembina berasal dari unsur kepolisian, Jasa Raharja dan Organda.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com