Wakili Kecamatan Busungbiu, Desa Tista Dinilai Tim Kabupaten - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

3/1/18

Wakili Kecamatan Busungbiu, Desa Tista Dinilai Tim Kabupaten


Buleleng, Dewata News. Com — Setelah Tim Penilai Lomba Desa Kabupaten Buleleng melakukan penilaian terhadap Desa Madenan di Kecamatan Tejakula, giliran ”duta” Kecamatan Busungbiu, yakni Desa Tista didatangi dan dinilai dikemas suatu acara di Gedung Serba Guna Desa Tista. Kamis (01/03).
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buleleng, I Gede Sandhiyasa, S.Sos., M.Si menyampaikan tujuan lomba ini adalah untuk mendorong peningkatan partisipasi dan gotong royong masyarakat dalam mewujudkan desa yang mandiri, dengan landasan Peraturan Menteri dan perundang-undangan.

”Landasan lomba ini antara lain Permendagri no.12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan dan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan, UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, UU No,23 dan Permendagri No.81 tahun 2015,"jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoaman Sutjidra, Sp.OG mengatakan, bahwa evaluasi perkembangan desa merupakan evaluasi kinerja dari perangkat desa, mulai dari kepala desa dan perangkatnya, baik itu dibidang pemerintahan, bidang kewilayahan, maupun dibidang kemasyarakatan. 

”Mudah-mudahan melalui evaluasi ini, desa-desa di Kabupaten Buleleng mulai berbenah dan melakukan inovasi-inovasi yang baru dengan dana desa yang sudah diberikan,” kata Wabup Sutjidra.

Wabup Sutjidra menegaskan, Pemkab Buleleng tetap berkomitmen membangun desa yang sejalan dengan pembangunan perkotaan agar tercipta pemerataan pembangunan. Hal ini disadari, karena keberhasilan pembangunan daerah, bahkan tingkat nasional sekalipun sangat ditentukan oleh keberhasilan pembangunan di desa dan kelurahan yang merupakan garda terdepan pemerintahan yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Hadir pula dalam penilaian lomba desa di Desa Tista pagi itu, yakni Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulelenmg Nyonya Aries Suradnyana, di samping anggota DPRD Kabupaten Buleleng Dapil Busungiu, Nyoman Sukarmen mewakili Ketua Dewan.

Menurut wakil rakyat dari Busungbiu ini, bahwa Desa Tista memiliki potensi dibidang pertanian dan perkebunan, sebagai penghasil kopi robusta yang memiliki kualitas dan tidak kalah dengan daerah lain. Selain itu, potensi di bidang peternakan dengan ternak kambing serta produk olahan susu kambing etawa yang diproduksi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Gunung Merta.

”Kelompok ini juga telah mengembangkan berbagai produk olahan hasil pertanian dan perkebunan, seperti produk jamu, wine, manisan pala dan aneka camilan lainnya, namun yang menjadi kendala adalah pemasaran. Sehingga KWT ini juga telah mampu berbicara di tingkat Nasional dengan mengikuti event di daerah Lombok,” jelas Sukarmen.  (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com