Dinas PMD Buleleng Juara Lomba Penjor HUT ke-414 Kota Singaraja - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

3/29/18

Dinas PMD Buleleng Juara Lomba Penjor HUT ke-414 Kota Singaraja


Buleleng, Dewata News. Com — Penjor yang dibuat Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Desa (PMD) yang dipajang di Taman Kota Singaraja berhasil meraih juara I Lomba Penjor serangkaian HUT ke-414 Kota Singaraja Tahun 2018 digelar pihak panitia  yang dikoordinir Bagian Kesejahtraan Rakyat Setda Buleleng.

Sementara sebagai juara II diraih Sekretariat DPRD Buleleng dan juara III diraih oleh Dinas Perikanan Kabupaten Buleleng. Sedangkan untuk Juara Harapan I diraih Badan Kepegawaian dan Perkembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM), juara harapan II diraih Dinas Sosial, dan juara harapan III diraih Badan Keuangan Daerah ( BKD).

Seluruh penjor sebanyak 40 peserta yang mengikuti Lomba Penjor, sekaligus menyemarakkan suasana Taman Kota Singaraja sebagai lokasi puncak peringatan HUT ke-414 Kota Singaraja, pada hari Jumat (30/03).

Ketua Tim Juri, Nyoman Sila mengatakan, penjor hias yang dilombakan ini hanya diperbolehkan menggunakan bahan tradisional/bersifat alami, seperti busung (janur). Pada penjor hias ini, antara tinggi bambu, besar bambu dan hiasannya juga harus seimbang (serasi). ”Tim juri dalam melakukan penilaian berdasarkan pedoman pada kriteria penilaian yang telah ditetapkan oleh panitia. Termasuk pula proses pembuatan dari awal penjor itu dibuat sampai dipancangkan,’’ jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Buleleng Drs. Made Supartawan, MM saat mendampingi Timnya mengatakan, lomba penjor hias  ini untuk menyemarakkan peringatan HUT Kota Singaraja. ”Penjor Hias  ini sebagai cerminan pastisipasi dari OPD dalam menyemarakkan HUT Kota Singaraja,” ucapnya.

Menurut Supartawan, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan adat dan budaya dan untuk menggali kreatifitas seni dari pegawai di Lingkup Pemkab Buleleng. ”Setiap tahun serangkaian memperingati HUT Kota Singaraja, selalu diadakan lomba penjor ini, semata hanya ingin melestarikan adat dan budaya bali dan juga menggali kreatifitas pegawai di Pemkab Buleleng, khususnya di bidang seni,” imbuhnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com