SKANBARA Kembali Unjuk Gigi, Raih Peringkat IV Nasional BYEC SBMITB 2018 - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

2/28/18

SKANBARA Kembali Unjuk Gigi, Raih Peringkat IV Nasional BYEC SBMITB 2018

Tim SAMI Saat Pemaparan © Foto by Doc SKANBARA
Bandung, Dewata News. Com - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan pelajar SMK Negeri Bali Mandara (SKANBARA) di tingkat Nasional. Setelah tahun lalu berhasil menjadi yang terbaik dalam ajang Youth Entrepreneurship Week di Jakarta, kali ini tim Young Entrepreneur SKANBARA kembali menorehkan prestasi membanggakan dalam ajang Bandung Young Entrepreneur Competition  (BYEC) 2018 yang diselenggarakan oleh School of Business and Management Institut Teknologi Bandung (SBMITB).

Dalam ajang tingkat nasional ini, tim SKANBARA diwakili Serlina Dewi (XI TGB), Aniasih (XI TKJ 2), dan Marta Jelia (XI TKJ 2) dibawah pembinaan Desy Dwi Anike selaku Guru IPA sekaligus pembina tim Entrepreneurship SKANBARA.

SAMI dipilih sebagai nama dari tim tersebut yang diambil dari kata dalam Bahasa Bali, "sami" yang berarti "bersama-sama", selain juga merupakan singkatan dari ketiga peserta didik yang terjun dalam kompetisi ini.

Mereka menciptakan GoBag, yakni sebuah brand produk tas dengan mengaplikasikan konsep Tri Hita Karana (konsep dalam Agama Hindu), Palemahan, dengan mengolah limbah pelepah pisang menjadi bahan dasar pembuatan tas.

Pengaplikasian bentuk tas ini menggunakan simbol geometri Hindu (persegi, segitiga, lingkaran) dengan tambahan aksesoris berwarna Tridatu (merah, putih, hitam). Terdapat 44 proposal yang terkirim dari seluruh SMA/SMK/MA se-Indonesia, dan dari jumlah itu, SAMI berhasil masuk dalam babak final 10 besar untuk kemudian diundang ke Bandung.

Uniknya, dalam babak final yang berlangsung pada tanggal 23-25 Februari 2018 tersebut, SAMI menjadi satu-satunya finalis SMK dan satu-satunya finalis dari luar Pulau Jawa. Mereka bersaing dengan 9 finalis lainnya dari daerah Jakarta, Bekasi, dan seputaran Jawa Timur.

Secara keseluruhan, tim SAMI berhasil menempati peringkat IV dan mendapatkan dua penghargaan khusus; Best Environmentally Friendly Product dan Most Friendly Participant  atas nama Luh Serlina Padma Dewi. (DN - RLS)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com