Biaya Patung Bung Karno di RTH Taman Bung Karno Rp 2 Miliar? - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

2/19/18

Biaya Patung Bung Karno di RTH Taman Bung Karno Rp 2 Miliar?


Buleleng, Dewata News. Com — Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno di wilayah Sukasada, Buleleng, Bali, di tahun 2018 ini memasuki tahap ketiga. Pada pembangunan tahap ketiga ini, direncanakan dipajangnya patung sang Putra Fajar, Bung Karno dari bahan perunggu.

Plt. Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Buleleng, Nyoman Surattini mengatakan, patung Bung Karno yang berbahan perunggu itu menelan anggaran sekitar Rp2 miliar, dari total anggaran pembangunan RTH Taman Bung Karno pada tahap ketiga ini sebesar Rp5,8 miliar.
”Kami sudah melakukan suvey harga untuk rencana proyek pembangunan patung Bung Karno. Menurut rencana, patung itu akan berbahan dasar perunggu, sehingga dana yang akan diserap mencapai sekitar Rp2 miliar,” kata Nyoman Surattini di ruang kerjanya, Senen (19/02) siang.

Ia tidak menampik, bahwa karena anggaran terbatas dan dari instruksi pimpinan dalam hal ini, Bupati. Yang penting patungnya selesai dulu, lanjut Surattini, biar menjadi icon. Sekarang, pihaknya masih susun RAB dan sekarang masih tahap lelang. Kemudian, pada bulan Maret SPK (surat perintah kerja),dan  sekitar April atau Mei itu pengerjaan pembangunan patung Bung Karno.
Menurut Surattini, secara total terhadap pembangunan RTH Taman Bung Karno Sukasada ini, jika anggaran memadai akan dilakukan 4 tahap sebagai tahap terakhir. Sebab berdasarkan anggaran yang disusun untuk pembangunan taman ini pada tahun 2011 lalu, mencapai Rp26 miliar.

”Itu anggaran secara total keseluruhan, kalau tersedia anggaran, ya bisa mencapai 4 tahap. Makanya, kami perlu review setiap tahun anggarannya,” jelas Surattini.
Jika RTH Taman Bung Karno, khususnya patung Bung Karno telah berdiri, lanjut Surattini, diyakini taman tersebut akan menjadi icon nasional. Terlebih lagi, sepanjang kawasan mulai dari lokasi taman Bung Karno hingga Kantor Bupati Buleleng ditetapkan sebagai Kawasan Soekarno Heritage.

”Taman Bung Karno ini akan jadi icon nasional, karena kami ingin mengenalkan Buleleng keluar dengan patung Bung Karno. Selain itu, dengan ditetapkam kawasan Soekarno Heritage mulai dari Taman Bung Karno sampai Kantor Bupati, itu akan menarik wisatawan,” pungkas Surattini.


Pembangunan proyek RTH Taman Bung Karno di wilayah Sukasada pada tahap III ini, fokusnya pada pembangunan patung Bung Karno. Selain pembangunan patung Bung Karno, pada tahap III ini juga akan dilakukan pembangunan open stage Singa, wantilan, termasuk beberapa landscapedi seputaran taman tersebut. (DN ~ TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com