Rai Mantra Tekankan Digitaliasai LPD, Beri Kemanfaatan Kesejahteraan Rakyat - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

1/26/18

Rai Mantra Tekankan Digitaliasai LPD, Beri Kemanfaatan Kesejahteraan Rakyat


Denpasar, Dewata News. Com - Lembaga Perkreditan Desa (LPD) sebagai roh sektor ekonomi wajib memberikan manfaat kepada masyarakat secara tradisional. Pendekatan sistem dalam transparansi dan akuntabilitas LPD tak boleh lepas dari langkah digitalisasi yang berkembang saat ini. Karenanya Pemkot Denpasar secara berkelanjutan terus melaksanakan pembinaan baik bagi pengurus, pengawas maupun sumber daya manusia yang ada di LPD se-Kota Denpasar. Hal tersebut diungkapkan Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra saat membuka evaluasi LPD se-Kota Denpasar Tahun buku 2017, Jumat (26/1) di Kantor Walikota Denpasar.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan pendiriaan LPD untuk memperkuat benteng-benteng otoritas otonomi desa dalam memikul kebudayaan yang berkelanjutan harus dapat dipahami bersama. LPD harus mampu mengembangkan inovasi dalam pengembangan digitaliasai LPD. Seperti inovasi LPD mini sekolah yang telah diterapkan LPD Kesiman sebagai penguatan konsep budaya kepada anak-anak sejak dini. 

‘’Tidak semua modrnisasi itu harus ditolak, melainkan harus mampu beradaptasi sehingga menjadi sebuah inovasi untuk kemajuan LPD itu sendiri. Sehingga LPD menjadi lembaga tradisional dengan sistem pengelolaan secara digitalisasi sebagai bentuk implementasi modrnisasi,’’ ujar Rai Mantra. 

Lebih lanjut dikatakan selain digitalisasi , sumber daya manusia yang berpendidikan dan tersertifikasi mutlak harus dimiliki LPD. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme pegawai untuk mencapai tujuan LPD dalam mensejahterakan rakyat. “LPD harus tetap berkembang mengikuti arus modrnisasi, sehingga LPD menjadi kuat dalam menghadapi ketatnya persaingan ekonomi yang mampu menopang tujuh unsur kebudayaan yang hidup turun temurun dari leluhur kita,’’ ujar Rai Mantra, sembari mengatakan bahwa seluruh elemen LPD khususnya di Kota Denpasar harus memiliki kemampuan menejerial serta mengetahui situasi dan kondisi perekonomian untuk mencapai tujuan LPD.

Sementara Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kota Denpasar I Made Saryawan mengatakan Pemkot Denpasar selama tahun 2017 telah berupaya melaksanakan program pemberdayaan dan pembinaan LPD. Diharapkan dari program tersebut adanya implementasi dan penguatan LPD yang sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini mengingat kapasitas LPD, dan sumber daya manusia merupakan ujung tombak majunya LPD itu sendiri. Saryawan melaporkan secara keseluruhan LPD di Kota Denpasar yang berjumlah 35 lembaga mendapat predikat baik. 

Kendati demikian kita tetap berupaya lebih giat bersama Lembaga Pengawas LPD untuk tetap memaksimalkan kinerja LPD di Kota Denpasar. Selama tahun 2017 keseluruhan aset LPD di Kota Denpasar berjumlah Rp. 1,9 triliun lebih, dengan laba 73 milyar lebih. ‘’Capaian di tahun 2017 ini akan tetap kita evaluasi dalam rangka meningkatkan kinerja LPD kedepannya,’’ ujar Saryawan.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com