Lestarikan Seni dan Budaya, Rai Mantra Buka Bali Barong Festival II - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/28/18

Lestarikan Seni dan Budaya, Rai Mantra Buka Bali Barong Festival II


Denpasar, Dewata News. Com - Pemkot Denpasar di bawah kepemimpinan IB Rai Dharmawijaya Manta dan IGN Jaya Negara terus berkomitmen dalam pelestarian seni dan budaya Bali. Berbagai kegiatan seni dan budaya terus digalakan. Kali ini, Pemkot Denpasar melalui Dinas Kebudayaan Kota Denpasar mendukung pelaksanaan Bali Barong Festival yang diselenggarakan oleh Komunitas Kubu Barong dan Pregina Art di Wantilan Pura Dalem Kedewatan, Sanur, Sabtu (27/1). Hadir langsung sekaligus membuka kegiatan tersebut Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Anggota DPR RI asal Sanur, IB Putu Sukarta, Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, I Wayan Mariyana Wandira, Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN Bagus Mataram dan tokoh-tokoh Desa Sanur lainya.

Walikota Rai Mantra mengatakan, Pihaknya selalu mendukung kegiatan pelestarian kesenian dan budaya Bali.  Hal ini lantaran kebudayaan dan seni di Bali memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan kebudayaan lainya. Ciri khas inilah yang disebut dengan taksu atau kharisma yang nantinya mampu memberikan kesan tersendiri bagi sebuah kesenian di Bali. “Jadi seluruh masyarakat Bali tentunya generasi muda harus tetap melestarikan seni dan kebudayaan Bali, karena kebudayaan Bali itu metaksu, ini yang tidak ada di daerah lain,” ungkap Rai Mantra.

Dikatakan Rai Mantra, Seni Tari Barong merupakan salah satu kesenian yang identik dengan kebudayaan Bali, bahkan saat ini telah masuk dalam warisan budaya tak benda oleh UNESCO. Hal ini lantaran hampir semua Desa di Bali memiliki pelawatan Barong. Sehingga diperlukan seniman Tari Barong untuk tetap menjaga eksistensi seni Tari Barong itu sendiri. “Hampir semua desa memiliki pelawatan Barong, tentu sudah menjadi kewajiban kita sebagai krama masyarakat untuk tetap melestarikanya,” ujar Rai Mantra.

Rai Mantra menambahkan, seniman di Bali merupakan ujung tombak pengenalan Bali di kancah dunia. Bahkan, majunya pariwisata di Bali tidak lepas dari adanya seni dan budaya di Bali. Tentu, kesenian tersebut tidak akan ada tanpa peran serta seniman. Karenanya, pelaku seni wajib mendapat penghargaan dan ruang tersendiri untuk berkreasi sehingga Ekonomi kreatif dalam menunjang keberlangsungan pariwisata dapat terus bergulir.   

Sementara, Penasehat Kubu Barong, Jro Mangku Alit Mariata bersama Ketua Panitia, I Ketut ‘Batu’ Suardana mengatakan bahwa Bali Barong Festival tahun 2018 ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Komunitas Kubu Barong bersama Pemkot Denpasar dalam bidang peletarian Budaya, khususnya Seni Tari Barong dan Kendang Tunggal. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari yakni dari tanggal 27 hingga 28 Januari 2018 ini terdiri dari tiga kategori yang dilombakan. Yakni Lomba Barong Ket, Lomba Barong Buntut, dan Lomba Mekendang Tunggal.

Dijelaskan lebih lanjut, adanya kategori Barong Buntut yang pesertanya merupakan siswa Sekolah Dasar (SD) dan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Bali ini merupakan salah satu upaya untuk melahirkan bibit baru dalam dunia kesenian, khususnya penari Barong dan Kendang. “Karena ini ajang regenerasi sehingga kami melaksanakan lomba Barong Buntut, sedangkan untuk kategori umum menggunakan jenis Barong Ket, dan untuk peserta SD dan SMP itu dibedakan, karena Bapang Barong dan Mekendang Tunggal merupakan kesenian yang memerlukan tenaga dan penjiwaan yang maksimal, jadi kalau SD dan SMP jika dilihat dari tenaga pasti berbeda” ujarnya.

Pun demikian, untuk lebih maksimal dalam menghasilkan bibit baru dalam dunia kesenian khususnya Mekendang dan Tari Barong, pada ajang Bali Barong Festival ini tidak diperkenankan mengikuti lomba bagi siapapun yang pernah meyandang status juara I, II dan III pada berbagai ajang lomba bapang Barong dan Mekendang. “Kami menegaskan untuk tidak memperkenankan juara I, II dan III di berbagai jenis lomba Bapang Barong dan Mekendang untuk ikut, kami khawatir bibit baru malah takut dan merasa kalah sebelum bertanding,” paparnya.

Adapun lomba ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari 10 pasang Mekendang Tunggal dan Bapang Barong Buntut tingkat SD, 15 pasang Mekendang Tunggal dan Bapang Barung Buntut SMP dan 25 pasang Mekendang Tunggal dan Bapang Barong Umum. Masing-masing kategori tersebut nantinya akan memperebutkan Juara  I, II, III dan Harapan I, II, III. Yang nantinya berhak atas Piala, Piagam dan Uang Pembinaan

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com