Wagub Sudikerta Dorong Generasi Muda Tingkatkan Daya Saing - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/15/17

Wagub Sudikerta Dorong Generasi Muda Tingkatkan Daya Saing


Denpasar, Dewata News. Com - Wakil Gubernur Ketut Sudikerta mendorong semangat generasi muda untuk meningkatkan daya saing. Menurutnya, upaya peningkatan daya saing SDM Bali antara lain dapat ditempuh melalui penguatan mutu pendidikan. Penekanan tersebut  disampaikannya saat didaulat menjadi pembicara pada acara Talk Show Pembangunan Tahun 2017 di Intan Room, Hotel Nikki Denpasar, Jumat (15/12). 

Lebih jauh Ia menjelaskan, Pemprov Bali menaruh perhatian terhadap kemajuandunia pendidikan. Selain memberi alokasi anggaran yang memadai untuk sektorpendidikan, Pemprov juga mendirikan SMAN/SMKN Bali Mandara yang telah mampu mencetak SDM unggul dan berdaya saing.

Pada bagian lain, Wagub Sudikerta juga menyinggung kelesuan saat ini yangdihadapi oleh sektor pariwisata. Ia berpendapat, pariwisata butuh sektor pendamping sehingga perekonomian Bali tak terpuruk manakala ada kejadian luar biasa seperti erupsi Gunung Agung. Lebih dari itu, Ia memandang perlu adanya solusi alternatif seperti pembangunan bandara baru di Bali Utara. Selain itu, Program Bali Mandara diarahkan pula pada upaya pemerataan antar wilayah dan antar sektor. Upaya tersebut antara lain tertuang dalam rencana pembangunan infrastuktur seperti Jalan Bebas Hambatan Gilimanuk-Gerokgak, Gerokgak-Buleleng, Buleleng-Marga, Marga-Canggu, Mengwi-Blahbatuh dan Blahbatuh-Padang Bay. 

Senada dengan Wagub Sudikerta, Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mengingatkan kalangan generasi mudaagar mengasah kemampuan, meningkatkan kualitas diri serta menguasai teknologi. Namun demikian, Ia mengingatkan kalangan generasi muda tetap memegang teguh warisan budaya. Menurut Rai Mantra, upaya meningkatkan mutu SDM sangat membutuhkan dukungan pemerintah melalui penyediaanberbagai fasilitas. Pada bagian lain, Ia juga menyinggung kurang kokohnya sektor pariwisata sebagai lokomotif perekonomian Bali. 

“Kita butuh sektor pendamping, salah satunya penguatan ekonomi kreatif. Anak-anak muda harus menangkap peluang pengembanganekonomi kreatif,” tuturnya.

Sementara itu, Senator RI I Gusti NgurahArya Wedakarna menekankan agar generasi muda Bali berani terjun ke dunia politik. Karena menurutnya banyak hal yang bisa diperjuangkan melalui politik. "Tentunya politik yang didasari niat baik dan kejujuran," ujarnya. Arya Wedakarna juga mengingatkan kalangan generasi muda untuk menghindari gaya hidup mewah dan seks bebas.

Talk Show Pembangunan Tahun 2017 yang digagas oleh Bali Pro Ambassador ini mengangkat tema ‘Menuju SDM Bali yang Berkualitas dan Berbudaya’. Direktur Bali Pro Ambassador Putu pande Agus Sentosa menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan kalangan generasi muda agar tak hanya bisa mengkritisi, namun juga mampu memberi solusi atas berbagai persoalan pembangunan.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com