Bulfest Raih Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/27/17

Bulfest Raih Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017


Sementara Dispar Buleleng Raih Penghargaan Tri Hita Karana
 
Jakarta, Dewata News.com — Melalui berbagai prestasi dari segala bidang, kabupaten di belahan Utara Pulau Dewata ini, ternyata sudah banyak mengukit prestasi dan dibuktikan perolehan penghargaan, baik itu tingkat Provinsi, Nasional, bahkan hingga tingkat Internasional. Kali ini, Kabupaten Buleleng dengan lambang ”Singa Ambara Raja” ini kembali meraih penghargaan tingkat Nasional.
 
Dua penghargaan di tingkat nasional yang diukit, yakni Buleleng Festival (Bulfest) dinobatkan sebagai juara ke-3 kategori Festival Pariwisata Terpopuler dalam acara Malam Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017 yang diselenggarakan di Studio Metro TV Jakarta, Sabtu (25/11).
 
Dalam Kategori Festival Pariwisata Terpopuler, ada sebanyak 10 nominasi diantaranya, Buleleng Festival dari Kabupaten Buleleng, FB dari Kota Makasar, Festival Danau Kalimutu, Kabupaten Ende, Fesival Danau Sentani Kabupaten Jayapura, Festival Isen Mulang, Provinsi Kalimantan Tengah, Festival Pacu Jalur, Kabupaten Kuantan Singingi, Festival Sriwijaya, Sumatra Selatan, Jakarta Fasion and Food Festival Kota Jakarta Utara, Sawahlunto Internasional Songket Carnaval Kota Sawahlunto, Tomohon Internasional Flower Festival Kota Tomohon.
 
Sebagai juara pertama dimenangkan oleh Festival Pacu Jalur dari Kabupaten Kuantan Singingi, Juara kedua, yakni Sawahlunto Internasional Songket Carnaval Kota Sawahlunto, dan juara ketiga Buleleng Festival dari Kabupaten Buleleng, Bali.
 
Buleleng juga masuk nominasi dalam kategori lain, yakni kategori Obyek Wisata Bersih Terpopuler yaitu Pantai Pemuteran, dan Tujuan Wisata Baru Terpopuler yaitu Kawasan Pura Batu Kursi Desa Pemuteran.
 
Sementara Anugerah Pesona Indonesia (API) adalah ajang lomba pariwisata Indonesia yang berbentuk pemilihan obyek-obyek wisata di Indonesia. Cara pemilihan pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2016 adalah dengan mengumpulkan suara dalam survei yang diselenggarakan situsayojalanjalan.com.
 
Anugerah itu diberikan oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya melalui Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Uus Kuswara.
 
Dalam penyelenggaraannya, API memberikan dampak yang positif bagi pariwisata Indonesia serta turut berperan dalam mempromosikan destinasi yang ada di Indonesia melalui media internet yang melibatkan masyarakat umum dalam memberikan pilihan dengan periode pemungutan suara (voting) yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 1 Juni 2017 sampai dengan 31 Oktober 2017.
 
Penghargaan ini diterima langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST didampingi Kepala Dinas Pariwisata Ir. I Nyoman Sutrisna,MM., dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Buleleng Drs. Made Supartawan,MM.
 
Sekretaris Kemenpar RI, Uus Kuswara dalam sambutannya mengatakan, kegiatan API diselenggarakan guna menjadi kalibrasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan dengan standar nasional bahkan dunia.
 
”Diharapkan event ini menjadi konfidensial, sehingga dapat menciptakan pengakuan dari seluruh lapisan masyarakat terhadap sektor pariwisata," kata Uus Kuswara.
 
Sekretaris Kemenpar, Uus Kuswara juga berharap kepada seluruh daerah, dengan adanya anugerah API itu dapat semakin giat bersemangat dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya.
 
Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil jerih payah Pemkab Buleleng dalam meningkatkan sektor Pariwisata di Kabupaten Buleleng.
 
Bupati Suradnyana menambahkan, penghargaan ini juga merupakan jawaban dari pertanyaan masyarakat terhadap penyelenggaraan Bulfest yang hingga saat ini sudah merupakan Bulfest V. ”Walaupun kami cuma meraih juara ke-3 tapi ini menandakan Bulfest sudah berada pada jalur yang benar untuk mempromosikan kebudayaan dan pariwisata kita. Tentu bukan hanya Bulfest yang kita miliki, ada beberapa event yang kita rancang, tentunya untuk promosi daerah kita. Harapan kita, hal ini bisa memberikan ruang-ruang investasi dan memberikan kesejahteraan untuk masyarakat Buleleng," kata Bupati yang akrab disapa PAS ini.
 
Anugerah Tri Hita Karana
Pada hari yang sama, Pemkab Buleleng melalui Dinas Pariwisata mendapatkan penghargaan Tri Hita Karana dalam ajang Malam Anugerah Tri Hita Karana (THK) Award 2017 yang di selenggarakan di Gedung Kesirarnawa Art Centre Denpasar, Sabtu (25/11).
 
THK Awards 2017 merupakan penghargaan bagi berbagai instansi yang telah mengimplementasikan konsep Tri Hita Karana yaitu hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan.
 
Ketua Tri Hita Karana Awards & Accreditation, Ir. I Gusti Ngurah Wisnu Wardana mengatakan, malam penganugerahan THK Award 2017 adalah sebuah apresiasi yang tinggi bagi mereka yang telah meng-implementasikan konsep Tri Hita Karana di lingkungan manajemen mereka.
Dikatakan, program Tri Hita Karana Awards & Accreditation sejak tahun 2000 hingga saat ini (2017) berlangsung terus tanpa pernah putus. Ada sebanyak 325 hotel yang telah diakreditasi sejak tahun 2000. Tahun ini jumlah penerima penghargaan THK Award 2017 sebanyak 150 hotel dan instansi.
 
Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, I Nyoman Sutrisna mengatakan, Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng selalu menerapkan Tri Hita Karana dalam kesehariannya.
 
Sutrisna menambahkan, Dinas Pariwisata memiliki konsep 5-3-3-1 yang artinya menerapkan Panca Sradha, Tri Hita Karana, Tri Kaya Parisuda, dan Tat Twam Asi. "Konsep 5-3-3-1 ini yang menjadikan kami di Dinas Pariwisata bisa meraih penghargaan. Saya berharap konsep 5-3-3-1 ini bisa dijalankan dengan baik oleh karyawan di Dinas Pariwisata secara berkelanjutan," ujarnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com