Wagub Sudikerta Dorong Kreatifitas Wirausaha Muda - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/30/17

Wagub Sudikerta Dorong Kreatifitas Wirausaha Muda


Denpasar, Dewata News. Com - Dalam rangka mewujudkan Desa yang memiliki sumber daya manusia yang unggul khususnya dalam mengembangkan semangat wirausaha atau entrepreneurship, maka diperlukan upaya kreatif dari para generasi muda sebagai ujung tombak penggerak masyarakat Desa dalam mengambangkan suatu usaha yang akan memajukan pedesaan tersebut. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat menyerahkan Piala kepada para Pemenang Seleksi Wirausaha Muda Berprestasi Provinsi Bali di Kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, Denpasar, pada Senin (30/10).

Lebih lanjut, Wagub Sudikerta mengungkapkan apresiasinya terhadap para peserta  yang berhasil meraih juara dalam ajang lomba wirausaha tersebut. Ia berharap para pemenang yang berasal dari 9 Kab/Kota di Bali dapat memacu semangat para generasi muda lainnya yang ada didaerahnya masing-masing, sehingga semangat entrepreneur di Desa dapat terbangun secara berkesinambungan. 

“Pada Intinya itu agar bisa menghadapi tantangan perekonomian ke depan, jadi kita membutuhkan kemandirian ekonomi yang kuat, sehingga membuat ekonomi daerah itu menjadi lebih kompetitif,” ujarnya. 

Menurut Sudikerta, dengan kompleksitas ekonomi Indonesia yang cukup besar misalnya dilihat dari geografisnya, penataan ekonominya sebaiknya dimulai dari bawah, yaitu perbaikan di level pedesaan, kabupaten dan kota, untuk itu dalam mewujudkan hal itu generasi muda harus membangun usaha kemandiriannya agar dapat bersaing secara kompetitif dengan anak muda di Negara lain. Dari sisi Pemerintah baik Pusat maupun Daerah sangat mendorong usaha kreatif generasi muda untuk membangun ekonomi kreatif di pedesaan, hal itu sudah tertuang dalam berbagai program Pemerintah yang telah  dan sedang di kucurkan dan diharapkan program-program tersebut dapat dimanfaatkan secara bijaksana oleh masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali Ketut Ngurah Boy Jaya Wibawa mengatakan bahwa pelaksanaan pengambangan kewirausahaan pemuda difasilitasi secara bersinergi oleh pemerintah daerah, masyarakat dan organisasi kepemudaan melalui pelatihan, pemagangan, pembimbingan, pendampingan, kemitraan, promosi dan bantuan akses permodalan. Untuk mendukung hal itu, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali menyelenggarakan Program Pemuda dengan Kegiatan Seleksi Wirausaha Muda dan Pemuda Mandiri Perdesaaan (PMP) untuk menumbuhkan kesadaran dan minat berwirausaha di kalangan pemuda dan pemberian penghargaan kepada pemuda penggerak pembangunan di perdesaan. 

Kegiatan Wirausaha Muda Berprestasi merupakan pemberian penghargaan kepada wirausaha muda yang berprestasi sebagai apresiasi kepada para pemuda yang aktif dalam dunia usaha dan telah menunjukkan hasil serta berpotensi untuk berkembang. Sedangkan Pemuda Mandiri Perdesaan berprestasi merupakan apresiasi yang diberikan kepada pemuda yang telah menunjukkan kemampuan dalam mengembangkan potensi diri, kemandirian dan telah menunjukkan hasil karya dalam menggerakkan pembangunan di bidang kewirausahaan di perdesaan. Dari hasil seleksi yang telah dilakukan sejak bulan Juni maka berhasil memperoral para pemenang yang berkualitas dalam bidangnya, diantaranya Pemenang Seleksi Wirausaha Muda Berprestasi Provinsi Bali Juara I bidang usaha pertanian, perkebunan dan peternakan diraih oleh Ida Bagus Kade Dwi Darmada (Jembrana), dan 4 orang pemenang lainnya. sedangkan Pemenang Seleksi Pemuda Mandiri Perdesaan Berprestasi Provinsi Bali diraih oleh  I Made  Mindia Diana ( Kab. Karangasem) Juara I Bidang Usaha Tempat Rekreasi, serta para juara lainnya, dimana para pemenang berhak mendapatkan piala dan uang pembinaan. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com