Danrem Kolonel Widiyana Tutup TMMD ke-100 di Pangkung Paruk - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/26/17

Danrem Kolonel Widiyana Tutup TMMD ke-100 di Pangkung Paruk


Buleleng, Dewata News.com —Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 di Desa Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt, Buleleng, telah berhasil membangun rabat beton jalan sepanjang 2.433 meter, gorong–gorong kotak sepanjang 3,5  meter, tembok penahan tanah, serta 8 unit MCK, sebagaimana dilaporkan Dandim 1609/Buleleng  Letkol Inf. Selamet Winarto pada upacara penutupan di Lapangan Desa Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt, Kamis (26/10) pagi.
 
Komandan Korem 163/WSA Bali, Kolonel Arh. I Gede Widiyana, SH, memimpin upacara penutupan program TMMD ke-100 ditandai dengan penandatangan Naskah Hasil Program TMMD disaksikan Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG, pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng dan warga sekitar.
 
Danrem 163/WSA Bali, Kolonel Arh. I Gede Widiyana menjelaskan, TMMD ini sebenarnya merupakan program rutin dari TNI–AD. Dalam setahun TMMD dilakukan sebanyak tiga kali ditempat yang berbeda, diawali dengan menentukan sasaran yang akan dituju.
 
”Setiap desa memang mempunyai kebutuhan yang berbeda–beda. Nantinya tim dari Kodim dan Pemkab akan berkoordinasi mana yang prioritas”, ucapnya.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, Dusun Yeh Selem, Desa Pangkung Paruk dipilih sebagai lokasi TMMD ke-100, karena warga mengalami kesulitan untuk bisa membawa hasil perkebunan mereka ke luar wilayah, disebabkan  kondisi jalan yang rusak. Kondisi  yang memprihatinkan tersebut menggugah semangat TNI dalam program TMMD untuk melaksanakan pembangunan fisik jalan.
 
Dandim 1609/Buleleng, Letkol. Inf. Selamet Winarto melaporkan, kegiatan TMMD ke-100 pengerjaannya dilakukan oleh TNI bersama masyarakat setempat juga termasuk tembok penahan tanah, senderan, bedah rumah, dan MCK. Selain sasaran pembangunan fisik, TNI juga menggelar sasaran pembanguan non fisik, mulai dari pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang, seperti soal Penyuluhan Keluarga Berencana, pelatihan tata rias untuk warga perempuan, sosialisasi tentang bahaya narkoba, pelayanan SIM dan Samsat serta pemberdayaan masyarakat dibidang sosial dan kesehatan.
 
Ditemui disela-sela acara, Wabup Sutjidra sangat mengapresiasi hasil kerja dari TNI dalam kegiatan  TMMD tahun ini. Bahkan, warga disekitar lokasi meninginkan agar kegiatan yang dilakukan oleh TNI ini diperpanjang. Karena manfaatnya sudah sangat dirasakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Buleleng yang telah menerima program TMMD dibeberapa lokasi.
 
”Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Buleleng sangat berterimaksih dengan adanya TMMD ini. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap masyarakat.” Sebutnya.
 
Sutjidra menambahkan, progress dari TMMD ini cukup menggembirakan, baik dari sisi pembangunan fisik dan non fisik. Dari segi non fisik adanya pembinaan kepada masyarakat, seperti kegiatan olahraga dan spiritual. Untuk pembangunan fisik, hal ini yang sangat dirasakan oleh masyarakat.
 
”Manfaat dari pembangunan fisik yang sangat dirasakan oleh masyarakat. Selain itu, pembangunan non fisik seperti pembinaan pada masyarakat dan kegiatan olahraga juga sangat bermanfaat,” jelas Wabup Sutjidra. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com