Tampil pada Pagelaran Drama Klasik Kolaboratif , Mangku Pastika Perankan Sosok Mahaguru Drona - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/13/17

Tampil pada Pagelaran Drama Klasik Kolaboratif , Mangku Pastika Perankan Sosok Mahaguru Drona


Denpasar, Dewata News. Com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika memerankan sosok Mahaguru Drona dalam pagelaran drama klasik kolaboratif yang dipentaskan di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya, Denpasar (12/8). Pegelaran drama klasik kolaboratif yang mengangkat judul Mahaguru Drona tersebut merupakan persembahan dari Teater Agusts dengan sutradara  Gus Martin. Kisah Mahaguru Drona diawali dengan menceritakan perjalanan hidup Sang Mahaguru, yang merupakan anak dari  Brahman Bharadwaja. Drona sejak kecil ditopang  bakat alam telah mahir seni peperangan dan  menggunakan senjata. 

Drona adalah teman baik dari Drupada yang merupakan seorang putra dari Kerajaan Panchala dan calon pemegang tahta Panchala. Drupada berjanji bahwa jika ia menjadi seorang raja kelak ia akan mengangkat sahabatnya Drona menjadi seorang pejabat penting di istana. Namun yang terjadi sebaliknya  saat Drupada menjadi seorang raja, Drupada tidak mengakui Drona sebagai sahabatnya karena Drona berpakaian lusuh dan miskin. 

Hal ini memberi kekecewaan pada Drona dan pada akhirnya Dronapun  pergi berkelana. Alur cerita terus berlanjut, dimana pada akhirnya Drona  bertemu dengan para Pandawa dan Kurawa yang sedang kebingungan karena bola serta cincin milik Yudistira jatuh ke sumur yang sangat dalam. Dengan  kemahiran dan kepandaian Drona dalam memanah, ia pun berhasil mengeluarkan bola serta cincin dari dalam sumur. Hal ini menimbulkan decak kagum para Pandawa dan Kurawa  dan membuat mereka ingin berguru pada Drona.

Pada masa akhir pendidikan mereka, Mahaguru Drona memberikan ujian kepada para Kurawa dan para Pendawa yaitu menangkap Raja  Drupada dalam keadaan hidup. Akhirnya dengan perjuangan yang gigih, Bima berhasil membawa Raja Drupada kehadapan Mahaguru Drona. Di sanalah Mahaguru Drona mengingatkan  Raja Drupada tentang arti sebuah persahabatan  serta makna daripada sebuah janji. Sementara itu  Sutradara pertunjukkan Gus Martin yang ditemui sebelum  pertunjukkan berlangsung menyampaikan bahwasannya kisah Mahaguru Drona ini diangkat untuk kembali mengingatkan kita semua bahwa kita harus selalu menghargai orang lain dan menghargai siapa saja tanpa membeda-bedakan penampilannya, golongan apalagi kekayaanya serta selalu menghormati  orang lain meskipun dia musuh atau saingan sekalipun. 

"Sahabat sejati adalah sahabat yang mendampingi kita dalam kesusahan bukan datang ketika kita menggelar pesta. Maknai persahabatan serta tepati janji yang telah kita ucapkan, "imbuhnya. 

Dipilihnya sosok Gubernur Bali sebagai pemeran Mahaguru Drona menurut sang sutradara tidak terlepas dari kisah hidup Gubernur Bali yang juga  berasal dari keluarga tidak mampu ,namun dengan kegigihan telah menjadi seorang pemimpin yang menjadi panutan sebagaimana halnya kisah hidup Mahaguru Drona. Penampilan drama kolaboratif yang didukung sekitar 35 seniman ini  ditampilkan  serangakaian  Bali Mandara Mahalango ke 4 tahun 2017. Pertunjukkan yang  berlangsung sekitar 2,5 jam ini mendapat antusias luar biasa dari masyarakat umum . Turut hadir menyaksikan drama pada malam hari ini Ny. Ayu Pastika, Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali Sugawa Kory, Sekda Provinsi Bali Cokorda Pemayun, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, ASN di lingkungan Pemprov Bali serta para seniman dan pecinta seni. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com