Sambut HUT RI, Pemkab Klungkung Buru Sampah Plastik - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

8/1/17

Sambut HUT RI, Pemkab Klungkung Buru Sampah Plastik


Klungkung, Dewata News. Com - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dan Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta memimpin para pegawai dilingkungan Pemkab Klungkung berburu sampah plastik. Kegiatan yang merupakan komitmen Pemkab Klungkung dalam memerangi sampah plastik sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-72 ini dilaksanakan disejumlah pantai di Klungkung daratan, Selasa (1/8). 

Sejumlah pantai yang menjadi sasaran bersih-bersih abdi negara ini diantaranya pantai Tegal Besar, pantai Watu Klotok, pantai Lepang dan pantai Goa Lawah. Di pantai Tegal Besar, Bupati Suwirta bagaikan seorang pemulung lengkap dengan kantong plastik. Tanpa ragu Bupati mengais dan mengambil sampah plastik yang bercampur kotoran dan sampah organik yang membusuk. Sampah ini sengaja dibuang dilokasi tersebut mengingat belum tersedianya Tempat Pengolahan Sampah (TPS), sehingga dibiarkan menumpuk disekitar pantai. “Jika tidak dikomando para pegawai tidak akan ikut bergerak mengambil sampah,” ujar Bupati Suwirta sambil mengais sampah ditengah kepulan asap. 

Setelah terkumpul, sampah dalam puluhan kantong plastik ini selanjutnya dibawa ke workshop Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung untuk dipilah dan dibawa ke Bank Sampah. “Ini merupakan aksi awal sebelum nanti pertengahan Agustus akan dilaksanakan aksi massal perburuan sampah plastik,” sebutnya. 

Aksi massal perburuan sampah plastik tersebut menurut Bupati akan melibatkan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Klungkung. Mulai krama banjar, siswa sekolah, pegawai hingga pihak swasta lainnya. Aksi tersebut dilakukan mengingat tingginya volume dan sulitnya penanganan sampah plastik, khusunya dari produk makanan dan minuman. “Ini memerlukan sebuah aksi yang masiv dan serentak untuk menanggulanginya,” ujar Suwirta. 

Menurutnya, Pemkab Klungkung telah melakukan berbagai langkah dalam upaya memerangi sampah plastik. Seperti sosialisasi pendirian Bank Sampah dan TPST, pembuatan ecobrick hingga menjalin kerjasama antara produsen produk makanan minuman dan industri yang menghasilkan sampah plastik. Bupati berharap semua lapisan masyarakat ikut bergerak memerangi sampah plastik dan dilaksanakan secara rutin. "Saya berharap masyarakat ikut bergerak dan dilaksanakan secara secara rutin,” pintanya. //hmsklk

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com