Bupati Suwirta Buka Porsenides Desa Akah dan Desa Manduang - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

7/1/17

Bupati Suwirta Buka Porsenides Desa Akah dan Desa Manduang


Klungkung, Dewata News. Com - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Wakil Bupati Klungkung Made Kasta menghadiri Pembukaan Porsenides Desa Akah, acara ini juga dihadiri Camat Klungkung Komang Gde Wisnuadi, Anggota DPRD Dapil Klungkung Anak Agung Anom Arta, tokoh masyarakat serta warga masyarakat, acara ini bertempat di Balai Desa Akah, Kabupaten Klungkung, Sabtu (1/7) Pagi.

Ketua Panitia acara Dewa Alit menyampaikan porsenides merupakan wahana yang sangat penting dalam menggairahkan minat masyarakat pada ajang olahraga dan seni yang selama ini aktifitasnya sangat minim. “Melalui kegiatan ini jiwa dan semangat pemuda dan pemudi sebagai generasi penerus dapat mampu berlanjut dengan menggali potensi olahraga dan seni yang sifatnya tradisional sesuai dengan situasi desa setempat”, ujar Dewa Alit.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh 6 Sekaa Truna dan PKK Dusun yang ada di masing-masing banjar serta 4 cabang olahraga yang dipertandingkan  antara lain, bulutangkis, tenis meja, catur dan tarik tambang. Sedangkan dari cabang seni  yaitu melombakan  utsawa darmagita, gebogan buah lokal dan janur, tari pendet ibu-ibu PKK, senam Ibu-ibu PKK, lomba penjor stt dan lomba mebat stt. Tujuan dilaksanakannya porsenides ini untuk mempersiapkan dan mencari bibit-bibit atlet yang unggul dan berjiwa kompetitif yang akan berpartisifasi dalan event yang lebih tinggi pada olahraga Kecamatan (Porcam). Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari . Tema dari Porsenides ini “ Melalui kegiatan ini kita kembangkan bakat dan prestasi generasi muda untuk menuju Klungkung unggul dalam bidang seni dan olahraga”, ujarnya kembali

Perbekel Desa Akah Nyoman Sujati mengatakan agar Porsenides ini bisa terselenggara dengan baik, Sekaa Truna dan Ibu-ibu PKK harus penuh semangat mengikuti lomba ini dengan sebaik-baiknya. Kedepannya pihaknya berharap agar program Gema Santi ini tetap berlanjut menjadi Gema Santi jilid 2, seluruh masyarakat sangat mendukung program pemerintah. “Program Gema Santi harus selalu ditanamkan, sehingga kedamaian di masyarakat tetap terjaga”, harap Perbekel Desa Akah Nyoman Sujati.

Bupati Suwirta dalam sambutanya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini, tidak mudah menyelenggarakan acara ini. Niat yang tulus ikhlas yang membuat acara ini terselenggara dengan baik. Manfaatkan moment ini bersama untuk mencari inovasi dan pemuda-pemuda yang berbakat dalam ajang Porsenides ini. “ Manfaatkan moment ini dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya bisa melahirkan atlet maupun seniman yang berbakat”, sebutnya

Lebih lanjut, Bupati juga meminta agar koordinasi tokoh masyarakat dengan Sekaa Truna bisa terjalin dengan baik. Wasit yang nantinya mempimpin setiap perlombaan harus mampu memimpin perlombaan dengan baik, sehingga nanti bisamendaptakan hasil yang maksimal.  Kepada generasi pemuda Bupati mengingatkan agar menjahui bahayanya narkoba. “ Jauhi narkoba, jaga persatuan dan kesatuan menyama braya”, Harap Bupati Suwirta kepada Sekaa Truna.

Dalam pembukaan ini, Bupati Suwirta bersama Wabup Kasta juga mengikuti jalan santai yang mengambil ruta di sekeliling Desa Akah.

Di hari yang sama Bupati Nyoman Suwirta juga membuka Porsenidesa Desa Manduang, disini Bupati juga menyampaikan hal yang sama agar moment seperti ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, khususnya kepada generasi muda  sehingga nantinya dapat mencari bibit-bibit atlet maupun seniman yang andal. “Manfaatkan ajang ini dan ikuti lombanya dengan sungguh-sungguh”, terangnya

Ketua Panitia Ketut Budiarta menyampaikan,  tema dari kegiatan ini “ Melalui pelaksanaan porsenides Tahun 2017 kita galang persatuan dan kesatuan masyarakat yang unggul dan sejahtera”. Porsenides akan dilaksanakan selama 4 hari . Dari cabang olahraga antara lain lari estafet, catur, tenis meja, tarik tambang dan lari karung. Sedangkan dari cabang seni yaitu lomba baleganjur, macepat, mesatua bali, menyalin aksara bali ngulat tipat sirikan membuat sanggah cucuk, menjunjung sokasi, mewarnai gambar, tari pendet dan tari baris.(*)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com