Acara Mebersih Ngaben Massal di Banjar Tegal diiringi Suara ”Ngoncang” - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/14/17

Acara Mebersih Ngaben Massal di Banjar Tegal diiringi Suara ”Ngoncang”


Buleleng, Dewata News. Com — Hari Buda Kliwon Matal ~ Rabu (14/06) mulai pukul 09.00 Wita diselenggarakan acara Mebersih terhadap adegan 32 sawa di Arena Ngaben Massal Banjar Pakraman Banjar Tegal, Buleleng. Kegiatan Mebersih pagi itu dipuput Ida Pandita Mpu Nabe Pengelatan, selain diiringi tetabuhan gong angklung dari Babakan, Sambangan, juga bunyi-bunyian suaran Ngoncang, serta gegendingan Sekaa Santhi Banjar Tegal.
 
Demi lancarnya pelaksanaan acara Mebersih, puluhan pemilet beserta keluarga yang hadir agar tertib, sehingga tahapan Mebersih dikoordinir Koordinator Upacara/Upakara Jro Bhawati Made Artawa bersama-sama Ketua Panitia Jmk.Gede Wenten.
 
Hampir dua jam pelaksanaan acara Mebersih dituntaskan, hingga disemayamkan kembali di tempatnya masing-masing.
 
Sekitar pukul 14.00 Wita dilanjutkan dengan acara Nunas Tirta ~ Manah Toya ring Pura Mumbul, Jalan Melati Singaraja.
 
Dua jam kemudian, pukul 16.00 Wita acara Medayu-dayuan / Mendak Tirta ManahToya dari Mumbul itu di pelataran Tugu Singa.
 
Merupakan acara terakhir, yakni Ngaskara dilaksanakan pada pukul 19.00 Wita dipuput Ratu Peranda Geria Mas dan Ida Pandita Mpu Nabe Pengelatan.
 
Pada Wrespati Umanis Matal ~ Kamis (15/06) merupakan ”Pengembang” sekitar pukul 08.00 Wita keluargfa pemilet dikoordinir Jro Asti ke Pura KahyanganTiga, Desa Pakraman Buleleng maupun Pura di Banjar Tegal untuk nunas tirta yang nantinya dipergunakan ”Pengesengan”.
 
Sementara keteranganyang diperoleh dari pihak poanitia, bahwa Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana akan hadir di Arena Ngaben Massal Banjar Pakraman Banjar Tegal, Buleleng, sekitar pukul 08.00 Wita,sebelum ke tempat acara Ngaben Massal di wilayah lain. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com