Tarian India semarakkan Pembukaan PKB dan Buleleng Expo 2017 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/18/17

Tarian India semarakkan Pembukaan PKB dan Buleleng Expo 2017


Buleleng, Dewata News. Com — Pagelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) Kabupaten Buleleng ke-39 yang dirangkaikan dengan Buleleng Expo 2017 resmi dibuka Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST, Rabu (17/05) malam. PKB ke-39 ini mengambil tema “Ulun Danu” yang artinya “Melestarikan Air Sumber Kehidupan”, diselenggarakan selama 5 hari, mulai tanggal 17 Mei hingga 21 Mei di pelataran ex. Pelabuhan Buleleng.
 
Pembukaan PKB Kabupaten Buleleng ke-39 ini dimeriahkan dengan tari India yang dibawakan oleh Konsulat India. Selain tari India, ada juga tarian dari Provinsi Aceh yang memeriahkan pembukaan PKB kali ini. Hari pertama penyelenggaraan PKB menampilkan gong kebyar remaja dewasa Padepokan Dwi Mekar dan gong kebyar anak-anak Sanggar Bala Talawung.
 
Bupati Suradnyana menilai, Buleleng Expo yang digelar ini merupakan pegelaran perdana yang diselenggarakan Pemkab Buleleng.
 
Ada yang unik dalam pembukaan Buleleng Expo 2017, sebelum menggunting pita tanda peresmian, Bupati Suradnyana disambut dengan tarian khas Nabire, Provinsi Papua lengkap dengan pakaian adatnya.
 
Selain itu, Bupati Suradnyana diberikan kenang-kenangan khas Nabire, Provinsi Papua. Buleleng Expo 2017 ini menampilkan pameran berskala Nasional, seperti Bidang Pariwisata, Investasi, Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Koperasi, dan UMKM.
 
Bupati Putu Agus Suradnyana mengatakan, PKB dan Buleleng Expo merupakan salah satu kegiatan rutin kepariwisataan yang akan terus dilaksanakan pada tahun mendatang di Kabupaten Buleleng.
 
Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana ini menilai, pelaksanaan PKB dan Buleleng Expo yang melibatkan banyak seniman dan juga para pelaku ekonomi kecil dalam pameran diharapkan ikut mendorong perekonomian daerah. “Pagelaran ini juga sebagai upaya mempromosikan Buleleng sebagai daerah ramah yang menerima segala macam kesenian dan juga budaya luar,” jelasnya.
 
Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng I Putu Tastra Wijaya selaku ketua panitia mengatakan, Pesta Kesenian Bali muncul bermula dari konsep PKB yang membawa misi antara lain sebagai langkah konservatif, yaitu penyelamatan terhadap khasanah seni budaya tradisional maupun klasik, disamping memberikan ruang kepada seniman bereksperimen.
 
“Untuk menjaga mutu dan kualitas tampilan dari para seniman yang mengisi acara PKB ini, kami telah mengganden tim Pembina yang terdiri dari seni akademis dan seni alam yang professional dibidangnya dan melakukan pembinaan kebada kelompok seni dan sanggar,” jelasnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com