Gubernur Pastika Ingatkan Komitmen Persatuan dan Kesatuan serta Teladani Nilai-nilai Perjuangan Pattimura - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/20/17

Gubernur Pastika Ingatkan Komitmen Persatuan dan Kesatuan serta Teladani Nilai-nilai Perjuangan Pattimura


Badung, Dewata News. Com - Gubernur Bali, Made Mangku Pastika menghadiri perayaan peringatan Hari Pattimura ke-200 yang diadakan Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) Bali bertempat di Pantai Kuta, Sabtu (20/5).

Peringatan hari Pattimura ini mengambil tema "Dengan Perayaan Hari Pattimura ke-200 Kita Perkokoh Jati Diri Kita Sebagai Bangsa Indonesia yang Beradab dan Bermartabat".


Pada perayaan tepat dua abad tersebut, Gubernur Pastika menyampaikan apresiasinya kepada keluarga besar IKEMAL Bali yang telah turut serta dalam pembangunan di Provinsi Bali mewujudkan Bali yag aman damai dan sejahtera. Dan menjujung filosofi "Dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung", yang dikembangkan dalam perilaku "Menyama Braya" dengan seluruh komunitas lainnya di Bali.

"Saya mengapresiasi warga Bali keturunan Maluku yang tergabung dalam IKEMAL, yang telah menyelenggarakan acara yang sangat relevan dengan situasi terakhir untuk kita menyatakan kembali komitmen kita akan persatuan dan kesatuan. Bahwa kita semua memang 'basodara' dan kedepan membangun negeri ini dengan semangat Pattimura pantang menyerah maju terus pantang mundur," kata Pastika.

Pastika menegaskan, nilai-nilai perjuangan Thomas Matulessy yang dinobatkan menjadi Kapitan Pattimura dalam mempertahankan harkat dan martabat rakyat Maluku yang dijajah oleh Inggris dan Belanda masih sangat relevan untuk saat ini. Terlebih lagi dalam era globalisasi saat ini, penjajahan datang dalam bentuk lain, yaitu dalam bentuk ideologi, politik, ekonomi, budaya, pendidikan, bahkan melalui teknologi informasi. 

Untuk itu, Pastika menegaskan, kita harus meningkatkan kualitas diri, meneladani dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain, serta berkewajiban menggugah semangat dan komitmen untuk memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa, sesuai semboyan "Lawamena Haulala", maju terus pantang mundur. 

Lebih lanjut Pastika mengajak seluruh keluarga besar Maluku untuk terus mengimplementasikan nilai-nilai kehidupan sosial berdasarkan pedoman hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yaitu: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Diharapkan masyarakat Bali keturunan Maluku menjadi duta besar bagi Maluku di Bali, dan bila tiba saatnya rindu kampung halaman, akan kembali ke Maluku dan membangun kampung halamannya. 

Pada perayaan tersebut, Gubernur Pastika bersama Wakil Gubernur Maluku bersama-sama menyalakan obor sebagai tanda semangat perjuangan Pattimura dan juga menyempatkan diri berbaur bersama keluarga besar IKEMAL menari Tobelo yang di selingi lagu kesukaannya My Afrika yang dinyanyikan penyanyi kawakan Yopie Latul. 

Hadir juga pada acara tersebut, Forkompimda Provinsi Bali, Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali, Wakil Gubernur Maluku, Wakil Bupati Maluku Tengah, dan Kadis Pariwisata Provinsi Maluku.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com