Wagub Sudikerta Libatkan Peran Pramuka dalam Penanggulangan Pasca Bencana Kintamani - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/15/17

Wagub Sudikerta Libatkan Peran Pramuka dalam Penanggulangan Pasca Bencana Kintamani


Bangli, Dewata News. Com - Rasa prihatin dan duka mendalam yang dirasakan Wagub Ketut Sudikerta, membuat hatinya terketuk untuk kembali meninjau penanggulangan pasca bencana yang terjadi di daerah Kintamani, Bangli, Rabu (15/2). 

Peninjauan kali ini yang dilangsungkan di Posko Unit Kintamani berlokasi di Kantor Camat Kintamani, Wagub Sudikerta yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwarda Bali  melibatkan Gerakan Pramuka Peduli yang diasuhnya untuk ikut menjadi relawan penanggulangan bencana baik berupa pengumpulan bantuan materiil dan non materiil maupun turun langsung kelapangan melakukan penanggulangan.

Pada kesempatan itu, Wagub Sudikerta menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap adanya musibah bencana, salah satunya dengan tetap menjaga keharmonisan alam dan selalu menjaga lingkungan, serta tak lupa mohon keselamatan kepada Tuhan. 

“Keharmonisan alam sangat penting, kita wajib menjaga lingkungan kita, jika ada lahan yang gundul maka perlu kita reboisasi, selalu ingat dengan Tuhan, itu akan bisa menjauhkan kita dari musibah,” ujar Sudikerta seraya menyampaikan ucapan terimakasihnya terhadap empati masyarakat yang sangat tinggi untuk ikut peduli terhadap sesama dengan menyalurkan berbagai bentuk bantuan. 

Terkait berbagai bantuan yang diterima, Wagub Sudikerta menghimbau Komandan Kodim (Dandim) 1626 Bangli selaku penanggung jawab posko bantuan agar mendata setiap bantuan yang datang, dan yang terpenting dalam penyaluran diharapkan bisa secara merata dan tepat sasaran. 

“Bantuan-bantuan yang diterima tolong disalurkan dengan seksama, jangan sampai salah sasaran, harus kita berikan kepada warga yang berhak yang menjadi korban bencana,” jelas Sudikerta. 

Lebih jauh, dalam waktu dekat ini sebagai rencana penanggulangan terhadap warga korban bencana yang kehilangan rumahnya, Wagub Sudikerta berencana melibatkan Unsur TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta gerakan pramuka untuk ikut membantu pengerjaan pembangunan bedah rumah. Pihak BPBD pun diharapkan terus melaksanakan penanggulangan bencana dilokasi, serta mengevakuasi warga yang masih berada didaerah-daerah rawan agar musibah tidak terulang kembali. 

Ditambahkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bali, I Ketut Wija yang juga menjabat Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Bali bahwa dilibatkannya gerakan pramuka merupakan satu bentuk implementasi pengetahuan yang didapat. Disamping juga tanggap bencana dalam gerakan pramuka peduli. 

Ia juga menjelaskan gerakan tersebut tidak hanya sebatas memberikan bantuan tenaga di dapur umum dan evakuasi, namun juga dalam hal penggalian dana bantuan. Hingga saat ini, gerakan tersebut menurutnya sudah berhasil mengumpulkan dana sekitar 109 juta yang akan disalurkan di 3 kabupaten yang mengalami bencana, yakni masing-masing daerah Banyuning,  Singaraja sekitar 26 juta, daerah Tianyar, Karangasem sekitar 21 juta, serta daerah Kintamani, Bangli sekitar 62 juta. Tak hanya gerakan pramuka, jajaran staf di instansi yang dipimpinnya juga berhasil mengumpulkan dana bantuan secara spontan sebesar 8 juta lebih yang akan disalurkan untuk korban bencana daerah Kintamani. 

Tak ketinggalan, seluruh Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang menjadi mitra kerja Disnakertran Prov Bali menurutnya juga dilibatkan dalam menggalang berbagai bantuan, yang diantaranya berupa sembako, pakaian layak pakai, mie instant dan sebagainya.

Sebelumnya, Wagub Sudikerta juga berkesempatan menyambangi lokasi bencana di daerah Banyuning, Singaraja untuk menyerahkan sejumlah uang santunan serta dana bantuan hasil penggalian gerakan pramuka, serta untuk memberikan dukungan moril agar para korban bisa tabah menghadapi musibah tersebut. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com