Sekolah di Purwakarta Kini Dilengkapi Ruang Ibadah untuk Semua Agama - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

11/2/16

Sekolah di Purwakarta Kini Dilengkapi Ruang Ibadah untuk Semua Agama


Purwakarta, Dewata News.  Com - Sekolah di Purwakarta kini dilengkapi dengan ruang khusus untuk ritual peribadatan pelajar dari semua agama.

Penyediaan ruang khusus ini memungkinkan seluruh pelajar untuk beribadah sebelum jam pelajaran dimulai.

“Kalau pelajar muslim biasanya melaksanakan shalat Duha dulu sebelum belajar di mushala atau masjid. Sekarang, pelajar nonmuslim bisa menjalankan ibadahnya di ruang yang sudah disediakan,” ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi seperti dikutip dari akun facebook resminya.

Dedi menjelaskan, hal tersebut menjadi bagian dari implementasi konsep pendidikan berkarakter Purwakarta yang sudah dilaksanakan sejak 2008 silam.

Ia menilai, keberagaman agama para pelajar di Purwakarta harus diakomodasi dalam dunia pendidikan dan menjadi kewajiban pemerintah menyiapkan piranti ibadah untuk mereka.


Selain ruang khusus beribadah bagi seluruh agama, Pemkab Purwakarta juga menyiapkan guru rohani berikut guru pembimbing yang mengajarkan pelajaran agama sesuai dengan kurikulum.

Guru rohani ini didatangkan untuk memberikan pendalaman terhadap kitab agama sesuai dengan agama yang dianut para pelajar.

“SMPN I Purwakarta ini menjadi pilot project, guru rohani berikut tempat beribadah bagi seluruh agama ada di sini. Ini penting untuk menjaga suasana toleransi di Purwakarta,” ujar Dedi.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri I Purwakarta, Heri Wijaya mengatakan, kebijakan ini telah berlangsung sejak lama dengan orientasi menciptakan suasana saling menghargai agama dan kepercayaan yang dianut para siswa baik seagama maupun berbeda agama.

“Kebijakan di bidang agama ini sudah lama, untuk pelajar muslim ada pembiasaan shalat Dhuha, sekarang ditambah lagi untuk seluruh agama juga ada pembiasaan-pembiasaan yang disesuaikan dengan ajaran agama para pelajar, semua terakomodir,” pungkas Heri.

Seperti diketahui, Purwakarta dikenal sebagai daerah yang sangat menjunjung tinggi perbedaan keyakinan. Hal ini terbukti dari kebijakan-kebijakan yang telah dibuat oleh Pemkab Purwakarta selama ini yang mengakomodir dan memperhatikan seluruh umat yang ada. (DN. - *)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com