Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Pengayar di Pura Dalem Balingkang - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/20/16

Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Pengayar di Pura Dalem Balingkang


Bangli, Dewata News. Com - Serangkaian Pujawali di Pura Dalem Balingkang Desa Pakraman Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli yang puncaknya pada Rahina Redita Paing Matal, Minggu (13/11) lalu. Pemerintah Kabupaten Klungkung melaksanakan Bakti Penganyar Minggu (20/11).

Bakti penganyar dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ny. Ayu Suwirta didampingi Wakil Bupati Klungkung Made Kasta beserta Ny. Sri Kasta serta SKPD dilingkungan Kabupaten Klungkung. Bakti penganyar juga dipadati ratusan pemedek yang tangkil ngaturang bakti.  

Dewa Soma selaku panitia wewantenan penganyar Pemkab Klungkung mengatakan, bakti penganyar ini wajib dilaksanakan selama Ida Bhatara katuran nyejer dalam upacara atau pujawali. Bakti penganyar ini sebagai wujud bakti umat kehadapan Ida Bhatara Bhatari utamanya Ida Bhatara yang berstana di Pura Dalem Balingkang. “Saat pujawali umat diwajibkan mempersembahkan segala baktinya kehadapan Ida Bhatara dengan satu harapan Ida Bhatara yang berstana disini selalu memberikan berkah. Bakti penganyar diawali dengan natab banten prayascita. Jelas Dewa Soma.

Sementara itu, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta bersama rombongan lainnya dari Pemkab Klungkung dan pemedek lainnya melaksanakan pesembahyangan bersama. Sebelum pesembahyangan, seluruh umat mengawali dengan melaksanakan Puja Trisandya. Persembahyangan berlangsung hikmad dipuput Ida Pedanda Gede Putra Abian, Griya Manduang  Klungkung. Seusai pesembahyangan,  Bupati Suwirta juga menghaturkan punia yang diterima panitia karya Jero Guru I Ketut Tinggal. Ida Bathara Nyejer selama 13 Hari dan akan disineb pada tanggal 22 November 2016 mendatang. (DN - HuM)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com