Doakan Keutuhan NKRI, Bali Akan Gelar Ikrar Nusantara Bersatu - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/28/16

Doakan Keutuhan NKRI, Bali Akan Gelar Ikrar Nusantara Bersatu


Denpasar, Dewata News. Com - Menyikapi situasi yang berkembang belakangan ini, Bali menggagas sebuah kegiatan doa bersama demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kegiatan bertajuk 'Nusantara Bersatu' ini akan dipusatkan di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar, Rabu (30/11) mendatang. Rencana tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Nusantara Bersatu yang berlangsung di Ruang Rapat Sekda Provinsi Bali, Senin (28/11). 

Rakor yang dipimpin Sekda Provinsi Bali Cokorda Ngurah Pemayun diikuti unsur TNI/Polri, Badan Intelejen Negara Daerah Bali dan instansi terkait di lingkungan Pemprov Bali dan Kota Denpasar.
Dalam pengarahan singkatnya, Sekda Pemayun menilai gagasan ini sangat positif untuk memperkuat semangat persatuan dan kesatuan. 

"Melalui kegiatan ini kita satukan seluruh elemen. Dengan semangat kebhinekaan mari kita jaga keutuhan NKRI," ujar Sekda Pemayun yang didampingi Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Bali I Gusti Ngurah Alit. 

Lebih dari itu, Sekda Pemayun meminta seluruh komponen mewaspadai gerakan yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI dan berpotensi mengganggu kondusifitas. Apalagi, sebagai daerah tujuan wisata, Daerah Bali sangat rentan terhadap isu-isu yang berkaitan dengan faktor keamanan.

Sementara itu, Danrem 163/Wirasatya Kolonel Inf. I Nyoman Cantiasa.SE dalam paparannya membeber sejumlah isu nasional yang belakangan cukup mengusik rasa persatuan dan kesatuan.

Selain kasus dugaan penistaan agama yang saat ini tengah ditangani pihak berwajib dan cukup menyita perhatian publik, informasi tak bertangung jawab yang disebarkan melalui media sosial (medsos) juga makin memperburuk keadaan. Menyikapi hal tersebut, pihaknya mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini. Danrem berharap, kegiatan yang digelar serentak di seluruh Indonesia ini mampu menguatkan semangat nasionalisme untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Pelaksanaan Ikrar Nusantara Bersatu akan melibatkan 13.500 peserta dari unsur TNI/Polri, ASN, siswa, pramuka, ormas dan masyarakat. Kegiatan ini akan diisi orasi kebangsaan, pembacaan puisi, tarian kolosal yang mengusung tema kebhinekaan, doa bersama dan parade lagu kebangsaan. Orasi kebangsaan antara lain akan disampaikan oleh perwakilan tokoh lintas agama, perwakilan pemuda dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika. Sekda Ngurah Pemayun berharap kegiatan ini berjalan lancar dan mampu menyuarakan semangat persatuan hingga ke pelosok negeri.  

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com