Peletakan Batu Pertama Tandai Pembangunan Monumen Perang Jagaraga - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/1/16

Peletakan Batu Pertama Tandai Pembangunan Monumen Perang Jagaraga


Buleleng, Dewata News.com — Peletakan batu pertama sebagai dibangunnya Monumen Perang Jagaraga untuk mengenang Perang Jagaraga. Diakukan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Senin (01/08) di Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan.
 
Monumen Jagaraga ini dibangun diatas areal kurang lebih setengah hektar, dengan tinggi 15 meter menghadap ke utara. Nantinya, di atas tanah yang seluas setengah hektar ini akan dibangun beberapa ikon dalam Monumen Jagaraga itu.

Pertama, yakni Patung Patih Gusti Ketut Jelantik dan Jero Jempiring sebagai tokoh yang punya peran penting dalam Perang Jagaraga di Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan pada tahun 1849.

Pelaksanaan pembangunan Monumen Perang Jagaraga ini dilaksanakan oleh PT. Tunas Jaya Sanur, yang akan dikerjakan selama 180 hari (6 bulan) dengan biaya Rp13.841.359.000.
 
Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan, pembangunan Monumen Perang Jagaraga ini merupakan  salah satu bentuk komitmen kuat Pemkab Buleleng untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan dan perjuangan dalam diri masyarakat.
 
 ”Selain sebagai lambang pertempuran yang di pimpin oleh Patih I Gusti Ketut Jelantik, monumen Perang Jagaraga ini juga diperuntukkan sebagai sarana pembelajaran pengenalan sejarah," ungkapnya.
 
Bupati PAS menambahkan, pembangunan monumen Perang Jagaraga ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam peperangan melawan penjajah.
 
"Kami juga berharap pembangunan monumen itu bisa menginspirasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas diri," ungkap Bupati PAS. (DN ~ TiR)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com