Pastika Ingatkan Menjadi Paskibraka Merupakan Sebuah Kebanggaan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/16/16

Pastika Ingatkan Menjadi Paskibraka Merupakan Sebuah Kebanggaan


Denpasar, Dewata News. Cpm - Keberhasilan terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merupakan sebuah kebanggaan, karena para anggotanya harus berhasil lolos sejumlah tahapan seleksi dengan menyisihkan ribuan peserta dari seluruh Bali. 

Demikian pula kerja keras dan pengorbanan yang sudah ditunjukan dalam latihan pun harus dapat membuahkan hasil yang terbaik dalam pelaksanaan tugas mengibarkan bendera di momen spesial hari kemerdekaan RI. Demikian disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada acara pengukuhan Paskibraka Provinsi Bali2016 di Wantilan Kerta Sabha, Denpasar, Senin (15/8).

Gubernur Pastika juga menekankan agar seluruh pasukan memegang teguh disiplin sebagai landasan perilaku, dalam keseharian dan pelaksanaan tugas. 

“Jagalah kesehatan karena kondisi yang prima akan sangat mendukung suksesnya pelaksanaan tugas, dan mantapkan semangat kebersamaan,” pinta Gubernur.

Paskibraka dinilai Pastika sebagai bentuk penanaman karakter cinta tanah air dan bangsa, semangat patriotik, pantang menyerah, disiplin yang tinggi, dan rela berkorban untuk membela nusa bangsa. Hal itu menurutnya penting terutama dalam menghadapi era globalisasi dan permasalahan-permasalahan bangsa, harus diisi generasi muda yang mempunyai karakter-karakter tersebut. 

Lebih dari itu, Gubernur juga mengingatkan agar pengalaman dan pelajaran yang diperoleh selama menjadi anggota Paskibraka tak berhenti pada tataran seremonial semata. Semangat juang, disiplin, pantang menyerah, patriotisme, pengabdian dan cinta tanah air hendaknya dapat diaktualisasikan dalam keseharian. 

Semangat itulah, kata Pastika, yang akan menjadi modal bagi kalangan generasi muda dalam mengisi kemerdekaan yang telah diraih dengan pengorbanan luar biasa oleh para pendahulu. Dalam kesempatan itu, para generasi muda juga diingatkan beratnya tantangan yang akan dihadapi dalam persaingan yang makin ketat.


Prosesi pengukuhan berlangsung hikmat, diwarnai dengan pengucapan sumpah janji Paskibraka dan penyematan lencana serta kendit (tanda pengukuhan yang diikatkan pada pinggang) secara simbolis oleh Gubernur Pastika kepada salah satu anggota Paskibraka. Suasana haru menyelimuti acara pengukuhan saat prosesi mencium bendera merah putih yang dilakukan Ni Komang Mirah Yovita Pradnyani, perwakilan anggota Paskibraka yang merupakan pemimpin upacara dalam pengukuhan tersebut.

Jumlah keseluruhan anggota Paskibraka Provinsi bali terdiri dari 68orang yang berasal dari pelajar SMA dari seluruh pelosok Bali yang sebelumnya telah diseleksi secara ketat. Tim Paskibraka ini juga dibantu 4 orang dari satuan Kepolian selaku pengawal, serta 2 orang yang juga dariKepolisian selaku Komandan pasukan yang bertugas bergiliran pada upacara Hari Kemerdekaan pada pagi dan sore. 

Para pelajar tersebut sebelumnya sudah dikarantina selama kurang lebih 3 minggu, dan telah mendapat pelatihan-pelatihan, diantaranya pelatihan pengibar bendera sebagai tugas utama, pelatihan fisik, baris-berbaris, serta pembekalan pendidikan moral selaku siswa agar bisa menjadi siswa yang beretika. 

Sebagai penghargaan atas dedikasi anak-anak tersebut, menurutnya pada tanggal 19 Agustus mendatang anak-anak tersebut akan diajak mengunjungi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jawa Barat.

Acara pengukuhan juga dihadiri Sekda Provinsi Bali Cokorda Ngurah pemayunAnggota DPRD Provinsi Bali, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Bali dan Pimpinan SKPD di lingkungan Pemprov Bali, kemudian dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dan ramah tamah. (DN - HuM)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com