Dongkrak Konsumsi Ikan , Ayu Pastika Gencar Edukasi Masyarakat Manfaat Ikan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/18/16

Dongkrak Konsumsi Ikan , Ayu Pastika Gencar Edukasi Masyarakat Manfaat Ikan


Denpasar, Dewata News. Com - Besarnya manfaat ikan  bagi kesehatan terdapat dalam ikan belum disadari sepenuhnya  oleh semua masyarakat. Padahal ikan merupakan sumber protein yang bergizi tinggi mengandung asam amino dan omega 3 yang baik pagi perkembangan kecerdasan anak anak sebagai generasi penerus. 

Hal ini terlihat dari tingkat konsumsi ikan Provinsi Bali yang lebih rendah dibandingkan tingkat konsumsi ikan nasional. Untuk itu diperlukan gerakan gencar dalam membangun kesadaran masyarakat khususnya para orang tua dalam menyediakan menu ikan di rumah. Demikian disampikan Ny. Ayu Pastika Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Provinsi Bali saat menghadiri acara Gemarikan  yang digelar di Kalangan Ratna Kandha Art Centre, Denpasar, Kamis (18/8).

“Kita akan terus mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang manfaat ikan bagi pertumbuhan putra putri kita. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentunya akan meningkatkan konsumsi yang berujung pada peningkatan produksi perikanan,” ujarnya. 

Ia juga mendorong tumbuhnya rumah rumah makan yang menyediakan masakan bahan olahan ikan untuk menumbuhkan  minat terhadap makanan berbahan baku ikan . Bali yang memilki potensi besar dalam sektor perikanan menurut Ayu Pastika tidak akan mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan ikan masyarakat.  

“Munculnya rumah rumah makan yang menyajikan bahan olahan  ikan kita harapkan juga meningkatkan minat keluarga untuk mengkonsumsi ikan, dan tentunya akan juga berdampak positif bagi sektor perikanan kita,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Made Gunaja bahwa tingkat konsumsi ikan provinsi Bali tahun 2016 masih dibawah tingkat konsumsi nasional, yakni sebesar 32,20 kg/kapita/tahun, sedangkat tingkat nasional mencapai 34,35 kg/kapita/tahun. Melalui berbagai kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan ia berharap tahun ini bisa mencapai target tingkat konsumsi ikan sebesar 33 kg/kapita/th. 

Ia pun menjelaskan tujuan dilaksanakan kegiatan Gemarikan kali ini untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama generasi muda untuk menyadari manfaat-manfaat kandungan yang terdapat pada ikan. Kegiatan tersebut melibatkan sekitar 200 anak-anak sekolah Dasar Negeri 1, 4, dan 7 Sumerta, Denpasar. Dengan awalnya memberikan pengetahuan tentang kandungan ikan kepada anak-anak, diharapkan menjadi kegemaran, dan nantinya konsumsi ikan pun menjadi budaya. 

“Kita harapkan dengan kegiatan ini anak anak mulai menggemari ikan,  dan akhirnya menjadikan kegemaran akan ikan sebagai budaya,” ujarnya.

Kegiatan Gemarikan kali ini, turut dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan lainnya diantaranya acara Pemberian Makanan Tambahan bagi Anak Sekolah (PMTAS), Festival Nusantara, Kuis Seputar Pengetahuan Tentang Ikan, Lomba Menangkap Ikan, Lomba Aneka Masakan Provinsi Bali dan Demo memasak oleh Ny. Ayu Pastika. Untuk lomba aneka masakan diikuti oleh peserta dari Kabupaten/Kota se-Bali, minus Kabupaten Jembrana dan Singaraja yang berhalangan. 

Juri lomba berasal dari Asosiasi Chef Indonesia, dan peserta yang berhasil menjadi pemenang yakni Juara I dimenangkan oleh I Made Sanjaya perwakilan Kota Denpasar, Juara II dimenangkan oleh Cok Adnyani perwakilan Kota Denpasar, serta Juara III dimenangkan perwakilan Kabupaten Karangasem. (DN - HuM)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com