Gubernur Bali Keluarkan Rekomendasi Studi Bandara Buleleng - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/10/16

Gubernur Bali Keluarkan Rekomendasi Studi Bandara Buleleng




Denpasar, Dewata News.com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan telah mengeluarkan rekomendasi kepada Airport Kinesis Canada (AKC) untuk mengadakan studi lanjutan terkait rencana pembangunan bandar udara baru di Kabupaten Buleleng.

Pastika, di Denpasar, Selasa mengatakan telah mengeluarkan rekomendasi tersebut pada akhir April 2016 yang isinya antara lain AKC selaku investor harus mengikuti peraturan yang berlaku dan dapat melakukan studi lebih lanjut berupa studi kelayakan (feasibility study/FS).

Menurut dia, studi yang dilakukan AKC saat ini baru sebatas pra-FS. Meskipun Pemprov Bali sudah mengeluarkan rekomendasi, namun dari Pemerintah Kabupaten Buleleng belum mengeluarkan rekomendasi.

Pihaknya belum mengetahui apakah Kementerian Perhubungan cukup menerima rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Bali saja atau harus dua-duanya dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Di sisi lain, Pastika tidak memungkiri untuk mewujudkan pembangunan bandara di kabupaten paling utara Pulau Bali itu membutuhkan waktu yang tidak singkat. "Lima tahun lagi juga belum tentu jadi," ucapnya.

Investor, tambah dia, tentunya mempertimbangkan berbagai hal untuk merealisasikan pembangunan bandara yang diprediksi menghabiskan biaya hingga Rp30 triliun itu.

"Jadi, jangan pikir sekarang jadi. Duit ini, mereka harus hitung lagi bagaimana kemungkinannya, bagaimana perkembangan Bali. Akan ada penumpang atau tidak. Dia lihat kita, apakah pariwisata kita berkembang apa tidak. Kalau prospeknya nggak bagus, ngga jadi lah," ucapnya.

Pastika mengatakan, sebelumnya dari AKC terkait pembiayaannya mereka meminta nanti ada BUMD yang ikut "sharing" baik dari BUMD provinsi dan kabupaten.

"Jangan sampai sama sekali tidak ikut. Harus ikut. Tetapi itu nanti, karena belum ada skema apapun. Ini baru menentukan lokasinya cocok apa tidak," ucapnya.

Sebelumya pihak Airport Kinesis Canada (AKC) sempat memaparkan ingin membangun bandara itu di atas laut. Shad Serroune, perwakilan AKC sempat memaparkan penyempurnaan konsep pembangunan bandara di kawasan Bali Utara.

Dengan mengusung nama Dwijendra International Airport, pihaknya berharap pembangunan bandara ini bertujuan untuk mengatasi kemacetan di wilayah Bali Selatan. Pembangunan bandara baru di Buleleng direncanakan di atas laut yang didesain menggunakan sistem reklamasi. (DN ~ ant).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com