Bendungan Gerokgak - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/9/15

Bendungan Gerokgak

Foto (c) by : ist
Buleleng, Dewata News.com - Bendungan/waduk  Gerokgak yang terletak pada koordinat : S08 12 43,1 E114 46 56,5 di ketinggian : 159 meter dari permukaan laut, berlokasi di lingkungan sekitar : Munduk Patas dan Munduk Renon di Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali.

    Bendungan Gerokgak membendung Tukad Gerokgak yang hulunya berasal dari Pegunungan Patas yang ada di wilayah selatannya. Wilayah tenggara terdapat Munduk Renon dan sebelah baratdaya terdapat Munduk Batas.

    Bendung ini dibangun sekitar tahun 1996. Saat ini bendungan ini dimanfaatkan sebagai waduk yang dikelola oleh Pemerintah daerah Kabupaten Buleleng. Waduk ini dikelilingi oleh perbukitan Munduk Patas dan Munduk Renon dengan beberapa sungai-sungai kecil yang bermuara ke waduk ini, dan salah satu sungai besar yang mermuara ke waduk ini adalah Tukad Gerokgak.

     Selain sebagai bendungan, waduk ini dimanfaatkan juga sebagai area memancing dan sebagai objek wisata. Tetapi, sebagai objek wisata ini, waduk ini kurang diminati pengunjung. Hal ini disebabkan kurangnya fasilitas umum seperti kamar kecil dan pusat informasi, disamping itu tidak terdapatnya penjual makanan di areal ini menyebabkan areal ini kurang diminati oleh wisatawan mengingat daerah ini cukup jauh dari daerah pemukiman.

     Pada hari minggu biasanya ramai dikunjungi pengunjung terutama pemancing yang sengaja mencari ikan, bahkan datang dari kecamatan yang berbeda. Jenis ikan yang terdapat di bendungan tersebut gurami dan breskap yang sengaja ditebar di bendungan tersebut. (DN ~ TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com