Minimalisir Pencemaran Lingkungan, Himatesil IPB Gelar ICEF 2015 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/1/15

Minimalisir Pencemaran Lingkungan, Himatesil IPB Gelar ICEF 2015


Bogor, Dewata News. Com - Sebagai upaya untuk meminimalisir pencemaran lingkungan guna menunjang pembangunan yang berkelanjutan, Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan (Himatesil) Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan  Indonesian Civil and Environmental Festival 2015 (ICEF 2015).

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 18-20 November 2015 di Koridor Fakultas Ekologi Manusia. ICEF 2015 yang bertema "ECOVILLAGE" merupakan serangkaian acara lomba, expo dan seminar nasional.

Lomba yang diselenggarakan oleh ICEF 2015 diantaranya adalah Desain Eco-Village, Inovasi Bahan Bangunan, Essay, Fotografi, Poster dan Karya Tulis Ilmiah. Lomba-lomba tersebut akan diikuti oleh pelajar tingkat SMA/sederajat dan Mahasiswa S1/D3 di seluruh Indonesia.

Untuk Expo sendiri akan menampilkan semua hasil karya dari peserta lomba, baik Desain Eco-Village, Inovasi Bahan Bangunan, Essay, Fotografi, Poster maupun Karya Tulis Ilmiah. Seminar nasional merupakan kegiatan puncak dari seluruh rangkaian acara ICEF 2015. 

Sedangkan untuk Seminar, dilaksanakan untuk menambah wawasan dan softskill, khusunya mahasiswa teknik sipil dan lingkungan serta masyarakat umum tentang implementasi dari sistem pembangunan berkelanjutan untuk meminimalisir pencemaran lingkungan. Seminar nasional ICEF 2015 dengan tema umum "Pengembangan Konsep Eco-Village di Indonesia sebagai Usaha Menstabilkan Lingkungan" akan dilaksanakan pada Minggu, (22/11) bertempat di Auditorium Andi Hakim Nasoetion IPB pukul 07.30 hingga Selesai.

Keynote Speaker dalam seminar tersebut adalah Drs. M. R. Karliansyah, M. S (Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dengan 2 sesi Talkshow yaitu :

Sesi 1 :
"Perkembangan Teknologi Pengolahan Limbah dan Remediasi sebagai Solusi Pengendalian Pencemaran di Indonesia"

- Dr. Arief Sabdo Yuwono, M.Sc (Deputy Director for Resource Management SEAMEO BIOTROP)
- Rofiq Iqbal, S.T., M.Eng., Ph.D (Ketua Prodi Rekayasa Infastruktur Lingkungan ITB)
Moderator : Deviana Matudilifa Yusuf, S.T (Alumni Teknik Sipil dan Lingkungan IPB)

Sesi 2:
"Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Eco-Village Sebagai Pengendali Pencemar dan Peningkatan Kualitas Lingkungan"

- Prof. Dr. Ir. Budi Indra Setiawan, M.Agr (Tenaga Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur Pertanian RI)
- Ir. Bintang A. Nugraha (Founder Green Building Council Indonesia)
Moderator : Meyda Sefira, S.T

Diharapkan dengan dilaksanakannya Indonesian Civil and Environmental Festival 2015 (ICEF 2015), masyarakat mampu memahami akan dampak dari pencemaran lingkungan sehingga ikut berperan dalam menangulanginya. (DN - AN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com