Kwarcab Buleleng Segera ”Proklamirkan” Gugus Darma Pramuka Werda - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/18/15

Kwarcab Buleleng Segera ”Proklamirkan” Gugus Darma Pramuka Werda

  I Wayan Selamet (no.2 dari kanan) menekankan pentingnya pembinaan mental
anggota Pramuka lebih intensif agar terhindar dari bahaya narkoba

Buleleng, Dewata News.com — Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Buleleng segera ”proklamirkan” Gugus Darma Pramuka Werda. Berdasarkan Undang Undang (UU) No 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka mengisyaratkan bahwa, pembentukan Gugus Darma Pramuka Werda ini merupakan tugas kewajiban bagi Ketua Kwarcab di seluruh Indonesia.

     Sesuai yang diamanatkan Undang Undang No.12 Tahun 2010 Pasal 23 huruf b, huruf c dan huruf d sesuai dengan tingkatannya, Satuan organisasi gerakan pramuka dapat membentuk Gugus Darma Pramuka, Satuan Komunitas Pramuka, maupu Pusat Penelitian dan Pengembangan sebagai organisasi pendukung. ”Ketentuan mengenai organisasi pendukung Gerakan Pramuka sebagaimana dimaksud pasal 23 ayat 1 ditetapkan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.”

     Keanggotaan dari Gugus Darma Pramuka Werda ini, adalah mereka yang pernah mengabdi sebagai Ketua Kwarcab maupun pengurus yang saat ini masih mempunyai kepedulian terhadap Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendukung.
                                            
   Menjelang ”diproklamirkan”nya Gugus Darma Pramuka Werda itu, sedikitnya sudah tercatat 45 anggota yang merupakan penggagas maupun sepuh Pramuka Kwarcab Buleleng memanfaatkan momen penampilan perdana ketika melayat ke rumah duka almarhumah Dra. Ni Ketut Ayu di Banjar Paketan, Buleleng, Minggu (18/10) sore.

 Melayat ke rumah duka alm.Ni Ketut Ayu
             
     Seperti diketahui, almarhum. Dra.Ni Ketut Ayu (81) meninggal dunia tanggal 11 Oktober 2015 lalu. Almarhumah semasa hidupnya “bergulat” dengan karier sebagai guru olah raga hingga peningkatan karier yang dikenal sebagai Kepala SMOA Negeri dan aktif dikepengurusan Kwarcab Buleleng. Upacara Pitra Yadnya (Pengabenan) almarhumah akan diselenggarakan pada hari Selasa, tanggal 20 Oktober 2015 di setra Desa Adat Buleleng.

     Sesuai saran Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng. Dewa Ketut Puspaka, pada saat puncak upacara Pitra Yadnya (Pengabenan), akan dikerahkan anggota Pramuka tingkat Penggalang mengiringi perjalanan terakhir ke setra.

    Sementara itu, para pencetus Gugus Darma Pramuka Werda, selain mengirimkan Ucapan Turut Berduka Cita atas meninggalnya Dra.Ni Ketut Ayu, juga secara langsung melayat ke rumah duka di Banjar Paketan, Buleleng.

Usai melayat ke rumah duka alm. Ni Ketut Ayu,
ada perbincangan di bawah pohon mangga SD No.3 Banjar Tegal
                                    
    Pada kesempatan itu, rombongan Pramuka Werda ini menyampaikan uang duka dan doa semoga ”amor ring achytia” setelah diterima oleh anaknya semata wayang almarhum.Ni Ketut Ayu yakni, Eny Aryani dan anggota keluarga lainnya.

    Di antara penggagas maupun sepuh Pramuka Kwarcab Buleleng itu, di antaranya I Gusti Ngurah Wirasena, Prof. I Wayan Rai, I Wayan Selamet, Nyoman Sudana (masih aktif di kepengurusan Kwarcab Buleleng selaku Wakil Ketua, maupun Tirthayasa yang di kepengurusan Kwarcab Buleleng era 1970-an selaku Humas, dan pernah mengikuti Kursus Mahir Dasar dan lanjutannya. 

    Sebagai penggagas dan sepuh Kwarcab Buleleng I Wayan Selamat yang Purnawirawan Polri ini menekankan, pentingnya pembinaan mental anggota Pramuka lebih intensif agar terhindar dari bahaya narkoba maupun sex bebas. (DN ~ TiR).—

1 comment:

  1. pramuka sebagai kegiatan yang mampu untuk membentuk siswa menjadi orang yang berjiwa mandiri

    ReplyDelete

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com