Ada Canang Sari di Kelamin Perempuan, Apa Maksudnya ? - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/14/15

Ada Canang Sari di Kelamin Perempuan, Apa Maksudnya ?


Denpasar, Dewata News. Com - Canang sari merupakan upakāra (perlengkapan) keagamaan umat Hindu di Bali. Canang sendiri merupakan salah satu bentuk banten atau "persembahan". Dari segi penggunaan, bentuk, dan perlengkapannya, canang dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain Canang Genten, Canang Burat Wangi, Lenge Wangi, Canang Sari, dan Canang Meraka.

Bagi umat Hindu, Canang sari biasa digunakan sebagai persembahan harian kepada Sang Hyang Widhi Wasa sebagai ungkapan syukur atas kedamaian yang telah diberian kepada dunia; merupakan persembahan rumah tangga yang paling sederhana.

Namun apa jadinya jika Canang Sari tersebut disalah fungsikan ? seperti yang redaksi Dewata News temukan pada sebuah situs photography Vikki Bates. Dalam salah satu fotonya terlihat sebuah Canang Sari yang diletakkan diatas kelamin perempuan dengan kondisi model dalam keadaan telanjang bulat (nude).

Dari keterangan yang ada di website tersebut, Vikki mengaku tinggal dan bekerja di Bali sebagai seorang photograper. Dia juga mengatakan jika dirinya memiliki minat khusus dalam memberdayakan perempuan melalui fotografi .

Berikut ini merupakan foto yang menjadi perbincangan, karena menempatkan Canang Sari diatas kelamin perempuan. (Vikki Bates Photography)

NAKED WITH FLOWERS (c) foto : Vikki Bates Photography

Menurut anda, foto tersebut merupakan karya seni yang bisa di terima atau merupakan sebuah pelecehan terhadap simbol Umat Hindu ?

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com