Nyepi Laut (Seas Khalwat Day) - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/28/15

Nyepi Laut (Seas Khalwat Day)


Klungkung, Dewata News.com - Nyepi Laut adalah acara keagamaan dan budaya yang unik dirayakan setiap tahun di pulau Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida,Klungkung, Bali.

    Sebagai bagian dari acara ini, pada satu hari, semua kegiatan kelautan di sekitar pulau berhenti. Ini termasuk transportasi, pariwisata, memancing, menyelam, snorkeling dan bahkan berenang.

    Untuk tamu resor ini berarti bahwa transportasi antara Lembongan dan Bali pada tanggal 29 September 2015 adalah tidak mungkin. Ini juga berarti bahwa kegiatan berbasis laut seperti yang di Bali Hai Cruises ponton, parasailing, diving, Aquanauts, snorkeling tidak tersedia.

    Semua kegiatan Beach Club terus tersedia dan lainnya layanan tamu tidak terpengaruh seperti Hai Bar & Grill, layanan kamar, semua kolam renang di resor dan semua kegiatan berbasis lahan.

    Para tamu dipersilakan sebagai penonton untuk upacara di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Perilaku hormat dan dress code berlaku: sarung untuk menutupi kaki dan kemeja sederhana atau blus (meliputi bahu). Hal ini berlaku untuk pria, wanita dan anak-anak. Ini adalah kesempatan unik untuk belajar tangan pertama tentang praktek budaya kuno ini.

Seorang tetua Lembongan menjelaskan: "Lembongan desa membuat persembahan kepada Dewa Baruna (pakelem ngaturang) setiap tahun saat bulan purnama dari bulan ke-4 (bulan purnama sasih Kapat) dari Kalender Bali. Tahun ini upacara akan diadakan di pantai laut di selatan Nusa Lembongan, di sebelah kanan (barat) sisi jembatan (yang melintasi ke Nusa Ceningan) di 5 pada 28 September.

     "Ada juga upacara di pura besar di Nusa Ceningan di Kuil Bakung pada 28 September. Pura Bakung  terletak di sebelah kiri (timur) sisi setelah melintasi jembatan dari Nusa Lembongan. Upacara akan diselenggarakan pada 3 hari, yaitu: 28 hingga 30 SeptemberAda juga pasar lokal terbuka selama 3 harii yang menjual makanan, minuman, pakaian dan mainan anak-anak. "

    Penghentian kegiatan laut untuk satu hari dilakukan untuk menenangkan dan memberi penghormatan kepada Dewa Baruna, penguasa lautan dan samudra. Praktek ritual ini diperkirakan telah diikuti oleh warga dari Kabupaten Klunkung, Bali  sejak sekitar 1600 pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong. Praktek ritual hari yang mencakup meditasi dan semadi tentang pentingnya lingkungan berair yang mengelilingi dan menopang pulau-pulau. (DN ~ net).-


No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com