Patung Siwa Budha Tertinggi Dibangun Di Pancasari - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/8/13

Patung Siwa Budha Tertinggi Dibangun Di Pancasari



Dewata News - Buleleng

Pralingga Siwa Budha yang direncanakan bakal dibangun pada tanah milik Puri Gede Den Bukit Pancasari di Desa Pancasari Kecamatan Sukasada dibangun diatas lahan delapan hektar, dimana dua hektar lahan diperuntukan sebagai Utama Mandala atau tempat Pralingga Siwa Budha, sedangkan enam hektar lahan untuk Madya dan Nista Mandala. Demikian juga rencana pembangunan Mahakarya tersebut disosialisaikan Kamis (5/12/2013) siang di Hotel Banyualit Kalibukbuk dengan melibatkan sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Buleleng.

Penglingsir Puri Gede Den Bukit Pancasari, I Gusti Ngurah Agung Dharma Wirata mengatakan, rencana pembangunan Mahakarya Pralingga Siwa Budha di Desa Pancasari sebagai wujud bakti, “Rencana ini tidak terlepas dari perjalanan sejarah para leluhur di Bali di masa silam, sehingga ini sebagai wukud bakti kita,” paparnya.

Seperti dberitakan Buleleng Round Up , Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng, I Ketut Warkadea mengatakan, rencana pembangunan Mahakarya Pralingga Siwa Budha yang direncanakan keluarga Puri Gede Den Bukit Pancasari sebagai langkah positif, “dari rencana itu kita lakukan sosialisasi, sehingga rencana ini mendapat perhatian dari masyarakat utamanya masukan dari tokoh-tokoh di Buleleng,’ ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng Gede Suyasa, dibangunnya Mahakarya Pralingga Siwa Budha berdasarkan RTRW telah memenuhi persyaratan, “Sebagai wilayah pengembangan budaya termasuk pelestarian lingkungan tidak menjadi masalah dan pendanaan pembangunan itu sepenuhnya dilakukan Puri Gede Den Bukit Pancasari, sehingga peran Pemkab Buleleng hanya sebagai motivator,” jelas Suyasa.

Sementara, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana memberikan apresiasi positif terhadap rencana pembangunan patung siwa budha tertinggi di Pancasari saat membuka kegiatan sosialisasi tersebut, sehingga dengan Mahakarya Pralingga Siwa Budha, Buleleng umumnya dan Pancasari secara khusus akan dikenal dan nantinya diharapkan mampu sebagai obyek pariwisata spiritual. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com