Alunan Nada "Nyanyian Dharma" Sejukkan Jiwa - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/16/13

Alunan Nada "Nyanyian Dharma" Sejukkan Jiwa

Nyanyian Dharma Saat Pentas Dharma Shanti Nasional 2013 - Jakarta


Masih ingat dengan Album Nyanyian Dharma 1 dan 2 ? Album yang diarsiteki oleh Dewa Budjana sebagai Music Director ini membawa pesan-pesan dharma melalui kombinasi lagu dan arrangement music serta dinyanyikan oleh beberapa penyanyi berbakat serta dan tidak ketinggalan juga penyanyi senior Trie Utami. Kali ini, Nyanyian Dharma kembali hadir dengan beberapa lagu yang terekam dalam Album Nyanyian Dharma 3.

Konsep kolaborasi artis dalam Nyanyian Dharma merupakan salah satu aktivitas pelestarian nilai- nilai luhur Hindu dalam bingkai kekinian dimana dalam era keterbukaan perlu dibuat sebuah kemasan penyesuaian yang dapat menjadi pembelajaran kepada umat Hindu terutama Generasi Muda. Artis Hindu yang telah sukses dan berprestasi di tingkat nasional satu persatu mulai bermunculan, dan mereka memiliki keinginan yang kuat untuk membuat suatu hasil karya persembahan untuk dinikmati oleh seluruh lapisan umat Hindu khususnya dan pecinta seni pada umumnya dengan konteks beryadnya. Dewa Budjana dan kawan - kawan ingin mengekspresikan berbagai mantra Veda di dalam alunan lagu dan musik modern yang dikemas dalam album Nyanyian Dharma.

Di tahun 1998, Dewa Budjana merilis album rohani Hindu lewat label independen. Album yang berjudul Nyanyian Dharma 1 itu digarap oleh Budjana dan para musisi asal Bali. Boleh dibilang ini adalah langkah awal menuju karya rohani selanjutnya. Nyanyian Dharma 1 mendapat sambutan luar biasa dari umat Hindu. Alunan musik dengan konsep modern ini memberikan suasana baru bagi pendalaman spritual melalui alunan musik dengan penuh makna.

Dalam album Nyanyian Dharma 2 banyak melibatkan artis, baik artis-artis nasional maupun artis-artis daerah yang telah berprestasi di daerah Bali maupun di tingkat nasional. Keterlibatan artis-artis ini tiada lain atas keinginan yang kuat untuk membuat suatu hasil karya persembahan agar dapat dinikmati oleh seluruh lapisan umat Hindu khususnya dan pecinta seni pada umumnya dalam konteks beryadnya. Selain itu, penulis lagu dan musisi baik dari daerah maupun nasional juga terlibat dalam penyelesaian album Nyanyian Dharma 2 ini, antara lain: Cok Sawitri, Dewa AFI, Thomas Ramadhan, Batuan Gamelan, Putu Wijaya, Hendi GIGI, Bintang Indrianto, Hendri Lamiri, Emans, Rico, Budhi Haryono, Aji Kobar, Ronald Fristianto, Bang Saat, Bagus Mantra, Agung Rai Sumadi, Gung Bona Alit, Sandi Winarta, Christian, Indra Lesmana, Edi, Rio Saharaja dan Made Christiaryanto.

Album Nyanyian Dharma 3 telah hadir menyapa umat Hindu dan masyarakat pada umumnya.  Dewa Budjana sang produser musik menyampaikan bahwa konsep album Nyanyian Dharma 3  lebih baik dari yang sebelumnya, apalagi  merupakan kompilasi terbaik dari album 1 dan album 2 ditambah dengan lagu-lagu baru di album 3. Konsep ini disebabkan banyaknya pihak yang menanyakan ketersediaan album 1 yang memang sudah habis semenjak lama di pasaran. Masih seperti album-album sebelumnya, pada album 3 ini pun dimotori oleh berbagai artis-artis Hindu nasional.


No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com