Festival Wayang International Gelar di Ubud - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/19/13

Festival Wayang International Gelar di Ubud

Dewata News ( Photo By : Image.google.com )


Dewata News - Denpasar

Bali akan menjadi tuan rumah Festival Wayang Internasional yang akan digelar di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali pada 22-27 september 2013 dengan menyajikan pameran topeng dan seminar pewayangan dari berbagai negara.

Seperti diberitakan Suluh Bali , Acara tersebut dilatar belakangi atas keprihatinan terhadap kecendrungan mengadopsi budaya global secara instan. Di sisi lain ada pengabaian terhadap nilai-nilai budaya asli yang sebenarnya telah teruji menampilkan solidaritas, keahlian, dan budaya ramah lingkungan , hal tersebut dikatakan Agustinus Prayitno selaku Anggota panitia pengarah Festival wayang internasional , Rabu (18/09) .
Dengan di adakannya Festival Internasional ini, para seniman dapat mengembangkan apresiasi budaya bersama dan berkolaborasi serta mempromosikan pemahaman dan kesadaran tentang keragaman budaya melalui pendidikan dan keterlibatan masyarakat.

Dalam festival tersebut akan ditampilkan aneka jenis wayang antara lain, Wayang Golek Betawi ( Jakarta ), Wayang Kampung Sebelah ( Sukoharjo ), Wayang Beber ( Gunung Kidul ), Wayang Kancil ( Jakarta ), Wayang Potehi ( Gudo ), Wayang Golek Cing cing Mong ( Tegal ), Wayang Kulit Menak sasak ( Lombok ), Wayang Multimedia ( Bali ). Sedangkan dari negara lain akan ditampilkan Otome Bunraku ( Jepang ), Roppets Edutaiment Production ( Filipina ), Teatrong Mulat ( Filipina ), Kheimeh Shab Bazi ( Iran ), Mandalay Marionettes ( Myanmar ), dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com