Gubernur Pastika Bantu Ketut Sugiantini Siswi kelas 8 SMPN 2 Tembuku-Bangli

Bangli, Dewata News. Com -  Gubernur Bali Made Mangku Pastika memberi respon cepat terhadap keberadaan siswi kelas 8 SMP Negeri 2 Tembu...


Bangli, Dewata News. Com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika memberi respon cepat terhadap keberadaan siswi kelas 8 SMP Negeri 2 Tembuku-Bangli, yang dimuat dimedia cetak rabu (7/2) kemarin. Sebagai tindak lanjut dari informasi tersebut, Gubernur Pastika langsung mengutus Tim Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali untuk mengecek langsung kondisi Siswi yang bernama Ni Ketut Sugiantini putri bungsu dari 7 bersaudara pasangan I Nyoman Tileh dan Ni Ketut Payu, di Sekolah SMP Negeri 2, Desa Peninjoan, Tembuku, Bangli, Kamis (8/2). 

Sesuai informasi dari pihak sekolah, Ketut Sugintini sempat bolos sekolah lantaran tidak mempunyai biaya sekolah dan bekal. Namun tindakan cepat dari pihak sekolah yang mencari tahu, akhirnya dapat membawa Ketut Sugiantini kembali ke sekolah mengikuti pelajaran.

Keprihatinan atas kondisi Sugiantini, membuat Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Tembuku-Bangli, melalui Badan Konseling Sekolah membantu Ketut Sugiantini modal untuk membuat canang. Berlatarkan keuletan Ketut Sugiantini mencari nafkah untuk biaya sekolah dan membantu orang tuanya yang sakit-sakitan, harus rela sebagai tukang suwun saang (angkut kayu bakar), tukang suwun nangka dan apa saja yang menghasilkan uang.

Dari modal yang diberikan pihak sekolah, Ketut Sugiantini akhirnya di minta untuk membuat canang yang kemudian di beli oleh para OSIS SMP setiap hari sebanyak 160 biji. Selain sebagai buruh tukang suwun saang dan nangka, Ketut Sugiantini juga ngulat tipat (membuat kulit tipat). Hal itu dilakoninya disela- sela waktu istirahat jam pelajaran, sehingga tidak akan mengganggu sistem belajar-mengajar yang ada.

Dengan semangatnya bekerja dan sekolah, Ketut Sugiantini juga menyisihkan uang hasil penjualan canang dan anyaman tipatnya untuk biaya pengobatan ayahnya yang sedang sakit.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Tembuku I Made Degdeg mengatakan “pihaknya termotivasi untuk membantu siswi bersangkutan,  dengan cara mengintruksikan kepada Staf nya untuk mrmberikan sugiantini modal yang kemudian digunakan membuat canang, dan canang tersebut di beli oleh masing masing kelas melalui OSIS untuk persembahyangan di sekolah.  
Dimana setiap kelas menggunakan 10 biji canang dengan 16 kelas, sehingga diperlukan 160 biji canang setiap harinya”, tandasnya.

Dengan jarak tempuh rumah yang beralamat di Br. Pulasari Kangin Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku –Bangli ke sekolah sepanjang kurang lebih 5 killo meter tidak menyurutkan semangat Ketut Sugiantini untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi.
 
Pada kesempatan tersebut, tim Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali yang didampingi Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Tembuku dan aparat Desa setempat, menyerahkan bantuan dari Gubernur Bali Made Mangku Pastika sejumlah uang tunai kepada Ketut Sugiantini, dengan harapan bantuan tersebut nantinya dapat membantu biaya pendidikan, atau dapat digunakan sebagai modal jualan canang dan kulit ketipat.

Berita Terkait

Breaking News 9201603987856672378

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

YURA Shop

item