1.765 KPM Di Kecamatan Banjar Terima Bantuan PKH

Buleleng, Dewata News. Com — S ebanyak 1.765 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Banjar menerima bantuan sosial (bansos) Progr...


Buleleng, Dewata News. Com — Sebanyak 1.765 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Banjar menerima bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) berupa Tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG di Balai Desa Kertha Locita, Desa Pakraman Banjar, Kecamatan Banjar, Kamis (25/01).

KPM akan menerima bantuan tiga bulan sekali. Total bantuan untuk warga Kecamatan Banjar ini sebesar Rp3,3 milyar. Bantuan akan masuk langsung ke tabungan KPM.

Wabup Sutjidra saat ditemui usai penyerahan mengatakan program ini merupakan solusi atas pengentasan kemiskinan di Buleleng. Masih ada beberapa warga di Buleleng yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Pemkab Buleleng akan terus menyasar masyarakat seperti itu hingga tingkat kemiskinan dapat berkurang. "PKH merupakan dalah satu upaya untuk pengentasan kemiskinan di Buleleng," ujarnya.

Dirinya juga meminta kepada aparatur terbawah seperti kepala desa untuk lebih giat kembali memverifikasi dan validasi warga masyarakat yang memerlukan. Hal ini penting mengingat ada beberapa warga yang tercecer. Verifikasi dan validasi juga perlu untuk mendata masyarakat yang benar-benar memerlukan.

"Kami sudah memberikan dari tahun lalu. Tahun ini kita berikan kepada masyarakat yang tercecer itu," ungkap Sutjidra.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Gede Komang menjelaskan ada beberapa upaya yang dilakukan untuk menurunkan tingkat kemiskinan di Buleleng. Salah satunya adalah PKH ini. Selain itu, ada juga program Kelompok Usaha Bersama (Kube). Dalam kube ini setiap kepala keluarga memperoleh nominal bantuan sebesar Rp 2 juta. "Dengan bantuan-bantuan ini diharapkan tingkat kemiskinan di Buleleng akan berkurang," jelasnya.

Gede Komang menambahkan selain kepada masyarakat, bansos juga diserahkan kepada para penyandang disabilitas terutama tuna netra. Nantinya Pemkab Buleleng akan memberikan bantuan berupa sapi dan dari pemerintah pusat berupa bantuan dana sebesar Rp5 juta per KK.

"Kami juga perhatikan penyandang disabilitas seperti penyandang tuna netra yang tergabung dalam pertuni agar bisa melanjutkan hidup," tandasnya. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 4715097211568416030

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

YURA Shop

item