Aman Wabah Difteri, Dinkes Buleleng Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Buleleng, Dewata News. Com — Kendati Kabupaten Buleleng hingga kini masih dinilai aman dari wabah difteri, namun warga masyarakat setem...


Buleleng, Dewata News. Com —Kendati Kabupaten Buleleng hingga kini masih dinilai aman dari wabah difteri, namun warga masyarakat setempat dihimbau agar tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap wabah difteri.

Terlebih kasus wabah ini sudah merambah ke daerah Jawa Timur yang wilayahnya berdekatan dengan Bali umumnya dan Buleleng khususnya, belum lagi adanya migrasi penduduk dari luar masuk ke Buleleng, yang mana tidak menutup kemungkinan mereka membawa balita dan belum dilengkapi imunisasi DPT.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, dr. Gede Suariyawan mengatakan, guna mengantispasi wabah difteri masuk ke Buleleng, pihaknya telah mengirimkan surat edaran ke masing masing puskesmas di kecamatan.

”Salah satu indikator Kabupaten Buleleng hingga kini masih dinilai aman dari kasus difteri, mengacu pada angka cakupan imunisasi. Namun demikian ada kekhawatiran dari Dinas Kesehatan, karena hasil pantauannya masih ada sekitar 30 desa dalam wilayah Kabupaten Buleleng yang memiliki  balita  yang belum lengkap mendapatkan imunisasi”, ucapnya.

Pada 30 desa dimaksud sebarannya merata di semua kecamatan, terbanyak berada di kantong wilayah perkotaan atau Kecamatan Buleleng dengan alasan penolakan beragam. Bahkan, untuk menyadarkan para ibu dari balita, Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng menggandeng lintas terkait secara maksimal untuk melakukan sosialisasi.

Mengingat difteri kini kasusnya sudah mewabah di beberapa daerah, maka diharapkan kepada warga masyaraka,t terutama yang memiliki balita belum memperoleh imuniasasi DPT lengkap agar segera mendatangi puskesmas terdekat.

Pemberian imunisasi DPT biasanya diberikan kepada balita mulai usia 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan. Manfaatnya untuk mencegah penyakit difteri, pertusis, batuk rejan dan tetanus. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 7555182311648280401

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

YURA Shop

Populer

item