Ayu Pastika Semangati Lansia dan Bantu Pengungsi di Posko Tabola Sidemen

Karangasem, Dewata News. Com -  Ketua Umum Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Provinsi Bali menutup rangkaian kegi...



Karangasem, Dewata News. Com - Ketua Umum Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Provinsi Bali menutup rangkaian kegiatan Pembinaan Lansia Berbasis Masyarakat Tahun 2017 di Wantilan Pura Puseh Desa Tabola, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Senin (27/11). Selain mengingatkan para lansia agar menjaga pola hidup sehat, Ayu Pastika juga menghibur dan menyemangati para pengungsi erupsi Gunung Agung yang menempati Wantilan Pura Puseh Desa Tabola.

Menghibur para lansia dan pengungsi, Ayu Pastika menggelar berbagi lomba seperti nyuwun keben, memindahkan belut dan lomba membawa kelereng dengan sendok. Para lansia dan sejumlah pengungsi mengikuti perlombaan dengan antusias. Sejenak, mereka dapat melepas ketegangan akibat peningkatan aktivitas Gunung Agung dalam beberapa hari terakhir.

Menyikapi situasi terkini, Ayu Pastika yang didampingi Kadis Sosial I Nyoman Wenten dan Kadis Kesehatan dr.I Ketut Suarjaya menyampaikan keprihatinan atas situasi yang dihadapi para pengungsi. Dia mengajak seluruh masyarakat berdoa untuk memohon agar situasi ini tak berlangsung lama.

Khusus bagi lansia, Ayu Pastika mengingatkan agar mereka senantiasa menjaga kesehatan dengan rajin berolah raga. “Ingat ya, bapak dan ibu harus rajin berolah raga. Paling tidak, lakukan senam dua kali seminggu,” ujarnya dalam bincang-bincang dengan sejumlah lansia. Lebih jauh, Ayu Pastika pun menyinggung penyakit yang banyak diidap oleh kalangan lansia yaitu asam urat. Selain menganjurkan menjaga pola makan, dia pun berbagi resep obat herbal yang bisa meringankan gejala penyakit ini yaitu seduhan daun pandan. Pada bagian lain, Ayu Pastika kembali mendorong peran aktif masyarakat dalam memberi perhatian kepada lansia yang ada di lingkungan keluarga masing-masing.  

“Saya minta keluarga pemilik lansia, baik itu sebagai anak, menantu, maupun cucu agar memahami ajaran putra sesana. Sehingga mereka peduli dan bertanggung jawab menjaga kesehatan fisik dan mental para lansia untuk menimbulkan rasa aman dan nyaman dalam menjalani sisa-sisa hidup hari tua bersama keluarga," katanya.

Kagiatan Penutupan Pembinaan Lansia Berbasis Masyarakkat Tahun 2017 juga diisi dengan pemberian bingkisan kepada lansia dan sembako bagi para pengungsi yang diserahkan Ayu Pastika. Selain itu, dilaksanakan pula layanan pemeriksaan kesehatan gratis yang diberikan oleh tim kesehatan RS Puri Raharja.

Berita Terkait

Breaking News 5889418088243375303

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item