Bupati Suwirta Launching Program Angkutan Siswa Gratis

Klungkung, Dewata News. Com -  Angkutan siswa gratis resmi dilaunching Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Acara peluncuran ditandai de...


Klungkung, Dewata News. Com - Angkutan siswa gratis resmi dilaunching Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Acara peluncuran ditandai dengan penyematan seragam kepada anggota sopir angkutan siswa gratis di Lapangan Puputan Klungkung, Minggu (29/10).

Angkutan siswa gratis merupakan aksi penyediaan trasnportasi gratis bagi siswa-siswa SMP di Kabupaten Klungkung daratan. Aksi ini ditetapkan karena adanya peningkatan kecelakaan  dan pelanggaran lalu lintas yang melibatkan siswa-siswa yang belum cukup umur membawa kendaraan sendiri, disamping kondisi makin menurunnya penggunaan angkutan umum di Kabupaten Klungkung.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyampaikan, saat ini pelayanan angkutan siswa gratis baru menyasar siswa-siswa SMP di Klungkung daratan, khususnya yang bersekolah di SMP di Kecamatan Klungkung. “Target kita adalah menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang melibatkan siswa dan merevitalisasi angkutan umum di Kabupaten Klungkung yang hampir mati suri,” ujarnya.  

Disebutkan, untuk menjalankan program ini sebanyak 84 kendaraan disiapkan, terdiri dari mobil penumpang umum (MPU) 71 kendaraan dan bus kecil umum sebanyak 13 kendaraan. Dalam prakteknya, angkutan siswa ini dibagi dalam empat (4) kelompok trayek besar. Trayek Utara sebanyak dua (2) trayek dengan jumlah armada sebanyak 21 kendaraan MPU dan trayek Barat sebanyak tiga (3) trayek dengan 3 kendaraan MPU dan 9 minibus. Sementara trayek Selatan dengan 5 trayek akan dilayani sebanyak 28 kendaraan MPU dan 4 minibus. Sedangkan trayek Timur dengan 3 trayek akan dilayani sebanyak 19 kendaraan MPU. “Harapan kita terjadi pemerataan akses pendidikan dan angkutan umum di Klungkung kembali bergairah,” harap Bupati Suwirta.

Program ini sebelumnya sempat diuji coba langsung Bupati Suwirta. Bersama sejumlah siswa, Bupati mencoba angkutan siswa gratis ini mulai dari titik kumpul hingga sekolah tujuan. Kedepan, apabila semua siswa bisa diarahkan untuk menggunakan angkutan gratis ini, armada kendaraan akan dilakukan peremajaan dan para sopir angkutan sekolah ini akan dibuatkan suatu wadah koperasi.

Berita Terkait

Kabar Klungkung 6148364708752488252

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item