Bhakti Penganyar Pemkab Klungkung di Parahyangan Agung Jagatkartha, Bogor

Bogor, Dewata News. Com -  Pemerintah Kabupaten Klungkung melaksanakan bakti penganyar di Parahyangan Agung Jagatkartha, Desa Taman S...


Bogor, Dewata News. Com - Pemerintah Kabupaten Klungkung melaksanakan bakti penganyar di Parahyangan Agung Jagatkartha, Desa Taman Sari, Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/9/2017). Bhakti penganyar serangkaian pujawali agung yang berlangsung di pura setempat pada rahina Purnama Sasih Katiga, Selasa (5/9/2017). 

Bakti penganyar dipimpin Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta masing-masing beserta istri. Hadir segenap jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Klungkung bersama ratusan umat sedharma. 

Rangkaian upacara penganyar diawali dengan ngaturang bebantenan di masing-masing pelinggih. Bakti penganyar dipuput Ida Pedanda Gede Putu Singarsa dari Geriya Cimahi, Bandung, Jawa Barat. 

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyampaikan bhakti penganyar ini sebagai wujud srada bhakti umat kehadapan ida Bhatara yang berstana di Pura ini. Melalui bhakti penganyar ini diharapkan senantiasa mendapat tuntunan dalam melanjutkan pembangunan serta perlindungan dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa. "Semoga upacara ini berjalan lancar dan labda karya," ujar Bupati Suwirta didampingi Wabup Kasta. 

Panitia Pelaksana, I Dewa Gde Ngurah Utama menyampaikan, pujawali tahun ini merupakan pujawali ke-12. Pujawali ini dilaksanakan setiap tahun pada Purnama Sasih Katiga. "Kami ucapkan terima kasih atas partisipasi penganyar dari Pemkab Klungkung," ujarnya. 

Dijelaskan, pelaksanaan pujawali telah dimulai pada 7 Agustus dengan prosesi matur piuning, nuasen karya dan pawintenan sari panitia. Sedangkan pada puncak pujawali dilakulan prosesi mecaru di pura petirthan, mecaru dan nunas tirta, mendak ida bhatara, upacara ngebejiang, murwa daksina dan ngelinggihan ida bhatara. "Upacara Nyineb dilaksanakan pada Rabu, 6 September ini," sebutnya.

Berita Terkait

Kabar Klungkung 564585362039335740

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item