Membumikan Pancasila dengan Cara Baru

Penyelenggaraan    acara Festival Prestasi Indonesia oleh    Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP),    yang menamp...


Penyelenggaraan  acara Festival Prestasi Indonesia oleh  Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP),  yang menampilkan  72  ikon prestasi Indonesia, sangat positif untuk terus dilanjutkan secara berkesinambungan.
 
Hal ini dimaksudkan agar dapat menumbuhkan dan  bisa memberi inspirasi  kepada anak- anak,  anak-anak muda sampai yang sudah senior tentang makna nilai- nilai Pancasila dan  kebhinekaan di muka bumi Indonesia.
 
Program kegiatan yang bertajuk Festival Prestasi Indonesia  pada intinya  bertujuan  memberi  kontribusi pada bangsa ini, menghadirkan ke ruang publik berupa karya anak-anak bangsa dengan tidak perlu melihat umur, tidak perlu melihat latar belakang sosial, budaya, dan agama.
 
Sangat banyak masyarakat kita yang memberikan kontribusi untuk bangsa ini, dan itu semua inspiratif dapat ditampilkan ke ruang publik.
 
Demikian juga melalui pagelaran Seni Pancasila Gemilang dan diskusi bersama para ikon berprestasi ini, menjadi penggerak sosial di masyarakat dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila.
 
Melalui  diskusi dan talkshow juga menjadi bagian dari upaya membumikan Pancasila, dimana para peserta dapat menyajikan  tema yang berbeda, seperti Pancasila dalam ilmu pengetahuan, Pancasila dalam kewirausahaan sosial, Pancasila dalam keagamaan, dan lainnya yang disesuaikan dengan sila-sila Pancasila.
 
Cara-cara baru dalam membumikan Pancasila nampaknya paling efektif dilakukan melalui kegiatan olahraga, seni dan budaya, sains dan inovasi, serta  sosial entepreneurship atau wirausaha sosial.
 
Membumikan Pancasila sebagai ideologi negara sangat mutlak dilakukan, karena dalam  satu dekade terakhir  ini, kehidupan berbangsa silih berganti diuji dengan berbagai peristiwa yang rentan mengancam kekokohan pondasi Pancasila sebagai falsafah negara.
 
Pembentukan dan kehadiran UKP PIP dengan  berbagai programnya kita harapkan dapat membumikan Pancasila  sebagai  falsafah hidup bangsa yang mengakomodasi kemajemukan, sebagai satu-satunya asas  untuk menopang nilai-nilai kebhinekaan dan memperkuat NKRI. Astungkara.  Made Tirthayasa.—

Berita Terkait

Breaking News 602140867811462789

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item