48 Regu Peserta Lomba Gerak Jalan ”Kemerdekaan” 45 Km Dewasa Putra, Perebutkan Hadiah Total Rp295 Juta

Buleleng, Dewata News. Com — Empatpuluh delapan regu peserta Lomba Gerak Jalan ”Kemerdekaan” 45 Km Dewasa Putra untuk pertamakalinya di...


Buleleng, Dewata News. Com —Empatpuluh delapan regu peserta Lomba Gerak Jalan ”Kemerdekaan” 45 Km Dewasa Putra untuk pertamakalinya diberangkatkan dari Lapangan sepak bola Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, sebagai garis start pada hari Sabtu (12/08) malam. Peserta Lomba Gerak Jalan ”Kemerdekaan” 45 Km Dewasa Putra sebanyak itu menuju garis finish di depan GOR Bhuana Patra, Jalan Udayana Singaraja, memperebutkan hadiah total, termasuk dana pembinaan sebesar Rp295 Juta.
 
Tepat pukul 21.00 Wita peserta nomor dada 01 regu SMAN 1 Gerokgak dilepas Wakil Bupati Buleleng dr.I Nyoman Sutjidra,Sp.OG didampingi Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Buleleng serta Sekda Buleleng Dewa Ketut Puspaka.
 
Disusul pelepasan peserta nomor dada 02 Regu Banyuasri hingga yang terakhir peserta nomor dada 48 dari pemuda remaja Desa Gitgit. Namun, Wahup Sutjidra beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah maupun Ketua Dewan Buleleng Supriatna dan Sekda Dewa Puspaka tidak menyaksikan keberangkatan seluruh peserta, karena mendahului pulang, sehingga hanya beberapa Pimpinan OPD, BUMN/BUMD, termasuk Camat yang masih ada, menunggu giliran untuk mengibaskan bendera poleng melepas regu peserta. Seperti halnya peserta nomor dada 44 regu Kelurahan Banjar Tegal, Buleleng dilepas pemberangkatannya oleh Dirut PD BPR Bank Buleleng 45,Nyoman Suarjaya.
 
Untuk pertamakalinya pula, KONI Kabupaten Buleleng sebagai penyelenggara melakukan inovasi, seperti diungkapkan Ketua Umum, Nyoman Artha Widnyana, selain lokasi start dilakukan di Celukan Bawang, juga peserta dibagi dua kategori, baik Kategori SMA/Perguruan Tinggi maupun Kategori Badan,Dinas/Kantor,Organisasi Pemuda/Karang Taruna.
 
Disamping itu, dalam perjalanan seluruh peserta menempuh tiga etape, yakni Etape pertama, dari Desa Celukan Bawang sampai Lapangan Umum Seririt (jarak tempuh 14,8 Km). Etape kedua, dari Lapangan Umum Seririt sampai Patung Lumba-Lumba, pantai Bina Ria, Lovina (jarak tempuh 10,2 Km). Sedangkan Etape ketiga, dari pelataran Patung Lumba-Lumba,pantai Bina Ria, Lovina sampai  garis finish depan GOR Bhuana Patra, Jalan Udayana Singaraja (jarak tempuh 14,4Km).
 
Menurut Artha Widnyana, Tim Juri akan menetapkan tiga juara masing-masing kategori, baik juara I,II dan III memperoleh Piala Tetap, Piagam dan hadiah uang sebesar Rp50 Juta, Rp30 Juta dan Rp20 Juta.
 
Sedangkan bagi regu yang tidak mendapatkan juara, sepanjang tidak didiskualifikasi dan mampu mencapai garis finish dengan jumlah peserta minimal 9 orang akan diberikan uang pembinaan, masing-masing sebesar Rp2,5 Juta.
 
”Dengan perubahan lokasi pemberangkatan sebagai garis start di Celukan Bawang, sehingga jarak keseluruhan yang ditempuh masing-masing peserta regu gerak jalan 45 Km ini sejauh 39,4 Km yang akan ditempuh selama 7 jam 14 menit. Jika tidak ada aral melintang, regu peserta dengan nomor dada 01 akan tiba di garus finish, depan GOR Bhuana Patra Singaraja, Minggu (13/08) pagi pada pukul 04.30 Wita,” kata Ketua Umum KONI Buleleng Nyoman Arta Widnyana.
 
Sementara itu Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra menekankan, bahwa Pemkab Buleleng secara konsisten melaksanakan lomba gerak jalan 45 Km dewasa putra dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI.
 
”Kegiatan ini merupakan implementasi dari pengamalan nilai-nilai perjkuangan, dengan semangat dan jiwa 45,” ujarnya.
 
Khusus kepada para supporter, Wabup Sutjidra berpesan agar memberikan dukungan dengan tertib dan tidak menggganggu para peserta lomba dan para penonton.
 
Seperti pantauan Dewata News.com dalam perjalanan dari Desa Celukan Bawang hingga Lapangan Umum Seririt,dan Patung Lumba-Lumba, pantai Bina Ria, Lovina, para supporter baik dengan mengendarai sepeda motor maupun dengan mobil yang berisi sound system  menambah semarak perjalanan peserta gerak jalan 45 Km Dewasa Putra. Di samping itu,  warga masyarakat di depan rumah pada ruas jalan yang dilalui memberikan semangat kepada peserta lomba. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 1458728767416984814

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item