Terima Pengurus WHP, Pastika Dorong Penerapan Ajaran Hindu untuk Kehidupan

Denpasar, Dewata News. Com -  Gubernur Bali Made Mangku Pastika menerima jajaran pengurus World Hindu Parisad (WHP), Selasa (6/6). Dal...



Denpasar, Dewata News. Com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika menerima jajaran pengurus World Hindu Parisad (WHP), Selasa (6/6). Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Tamu Gubernur tersebut, Sekjen WHP Prof. I Made Bakta menyampaikan rencana penyelenggaraan World Hindu Wisdom Meet 2017, Minggu (11/6) hingga Senin (12/6) mendatang. Pihak panitia sangat mengharapkan kesediaan Pastika untuk hadir dan menjadi keynote speach dalam acara tersebut.

Pastika menyampaikan apresiasi dan menyambut positif rencana penyelenggaraan World Hindu Wisdom Meet 2017. Dia berharap, pertemuan itu dapat memberi dampak positif bagi kemajuan Agama Hindu. Lebih dari itu, Ia juga mendorong penerapan Ilmu Agama Hindu agar lebih bermanfaat bagi kehidupan. Karena menurutnya Hindu adalah agama yang sangat universal dan logis.

Ujar Pastika, banyak sekali teori Agama Hindu yang sangat bermanfaat jika diaktualisasikan dalam kehidupan. Ia lantas mencontohkan Program Simantri yang sangat sejalan dengan ajaran Hindu. Bahkan, seorang profesor dari Oxford University menyebutnya sebagai Vedic Agriculture System. “Setelah melihat program Simantri, profesor dari oxford itu menyebut bahwa inilah program pertanian yang berlandaskan nilai-nilai spiritual hindu sekaligus mengedepankan kearifan lokal,” ujarnya.

Selain Program Simantri, sistem pendidikan yang dikembangkan di SMAN/SMKN Bali Mandara juga diyakini sebagai aktualisasi dari ajaran Hindu. "Dengan sistem asrama, semua dikerjakan oleh anak didik. Mulai dari menyiapkan makanan, membersihkan sekolah, membuat kebun hingga menyiapkan sarana upacara saat hari-hari besar keagamaan," tuturnya.  

Pada bagian lain, Pastika yang didampingi Karo Humas dan Protokol I Dewa Gede Mahendra Putra mengajak mahasiswa yang saat ini menuntut ilmu di Universitas Hindu agar jangan hanya sebatas mengerti agama. Yang lebih penting, imbuh dia, mereka juga harus dapat mengaplikasikan ajaran tersebut untuk kehidupan. Dalam kesempatan itu, Pastika juga mengundang sejumlah tokoh yang akan menjadi pembicara pada World Hindu Wisdom Meet 2017 untuk melihat langsung pelaksanaan program Simantri dan sistem pendidikan di SMAN/SMKN Bali Mandara.

Menanggapi undangan Pastika, Prof. Bakta akan menjadwalkan kunjungan sejumlah pembicara untuk meninjau dua program Bali Mandara tersebut. Dia menambahkan, World Hindu Wisdom Meet 2017 akan menghadirkan sejumlah pembicara yang sangat berkompeten dari India antara lain Swami Paramatmananda Sawaswati dan Prof. Binayak S. Choudhury. Pertemuan ini akan mengangkat tema ‘Pengetahuan Spiritual dan Ilmu Pengetahuan Serta Teknologi Sebagai Dasar Pohon Keilmuan Hindu’.

Berita Terkait

Breaking News 2529882139252030992

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item