Di Buleleng, 72 Tahun Hari Lahir Pancasila Diperingati dengan Apel Bersama

Buleleng, Dewata News. Com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menggelar Apel Bersama serangkaian Peringatan Hari Lahir ke-72 Panc...


Buleleng, Dewata News. Com —Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menggelar Apel Bersama serangkaian Peringatan Hari Lahir ke-72 Pancasila, Kamis (01/6) di Halaman Kantor Bupati Buleleng. Peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini bertemakan " Saya Indonesia Saya Pancasila".
 
Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Presiden Rebuplik Indonesia Ir. Joko Widodo mengatakan, bahwa Pancasila sebagai idiologi bangsa dan negara pamornya telah meredup, bahkan mengalami degradasi kredibilitas yang luar biasa ditandai dengan berkembangnya ideologi pragmatisme yang kering dengan empati, tipis dari rasa solidaritas terhadap sesama, rasa gotong royong, dan lain-lain sikap yang manifestasinya adalah menghalalkan segala cara untuk mewujudkan kepentingan diri sendiri atau kelompoknya, dan menjadikan masyarakat konsumtif, instans dan kapitalis masuknya hedonis atau sering disebut sebagai neoliberalisme yang berdampak pada memudarnya pancasila di mata dan hati sanubari rakyat Indonesia yang berakibat negeri ini kehilangan orientasi, jati diri dan harapan seperti sebuah bangsa yang tanpa roh.
 
Dengan kondisi tersebut, Bupati Agus Suradnyana mengajak seluruh masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. ”Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang Anti Pancasila, Anti-UUD 1945, Anti-NKRI, Anti-Bhinneka Tunggal Ika. Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di bumi Indonesia," tegasnya.
 
Bupati Agus Suradnyana mengatakan, tugas kita adalah mewarisi api dari pemikiran dan perjuangan Bung Karno, bukan mewarisi abunya. Untuk itu Bupati Agus Suradnyana mengajak seluruh ASN dan masyarakat Buleleng agar momentum peringatan hari kelahiran Pancasila, hari dimana Bung Karno berpidato agar kita bersatu padu bergandengan tangan mewujudkan janji janji kemerdekaan dan membumikan Pancasila di bumi pertiwi khususnya di bumi Panji Sakti. “Mari kita gunakan momentum ini untuk membumikan ajaran tri sakti Bung Karno guna mewujudkan Buleleng yang damai dan tentram,” tegasnya
 
Dalam apel tersebut dibacakan sejarah lahirnya pancasila yaitu diawali dengan pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945 yang selanjutnya dimasukkan rumusan Pancasila dicantumkan dalam mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 dan disahkan sebagai dasar negara Indonesia Merdeka pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh BPUPKI.
 
Apel Peringatan Hari Lahirnyan Pancasila diikuti oleh Sekretaris Kabupaten Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka,MP., Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna,SH., Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Buleleng, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng serta pegawai negeri sipil di lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 7716047087180313420

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item