Sukra Paing Matal, Puncak Ngaben Massal di Banjar Adat Banjar Tegal - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/25/17

Sukra Paing Matal, Puncak Ngaben Massal di Banjar Adat Banjar Tegal


Buleleng, Dewatanews. Com —  Untuk kesekian kalinya, Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal melaksanakan upacara ”Pitra Yadnya” Ngaben Massal (Ngaben Bersama) dan untuk kali ini sebagai puncak acara, bertepatan dengan ”Sukra Paing Matal”, hari Jumat – 16 Juni 2017 mendatang.
 
Guna mensukseskan kegiatan Ngaben Massal dimaksud, Kelian Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal,Jro Mangku (Jmk) Putu Santra telah membentuk Panitia Ngaben Massal Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal tahun 2017, dengan Ketua Jmk.Gede Wenten,S.Pd, didampingi Sekretaris, Jmk.Drs.Ketut Artana,M.Si dan Bendahara, Jmk.Made Sedanayasa bersama Jmk.GedeRedita.
 
Selaku Koordinator Upacara & Upakara dipercayakan kepada Jro Bhawati Made Artawa. Selain itu, panitia juga dilengkapi dengan seksi infokom, perlengkapan&transportasi, seksi konsumsi, seksi keamanan, sesksi kesenian, seksi tamu dan seksi penggalian dana.
 
Kelian Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal,Jmk.Putu Santra menjelaskan, upacara ”Pitra Yadnya” Ngaben Massal Tahun 2017 diikuti 82 sawa, termasuk yang ngerapuh dan ngelungah. Selain itu, pihak panitia juga menyelenggarakan ”Metatah Massal” yang diikuti oleh 81 orang, terdiri dari 29 ”sawa”. 47 ”ngerapuh” serta 5 ”nglungah”.
 
”Upacara Pitra Yadnya Ngaben Massal Tahun 2017 ini sebagai upaya pengurus Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal membantu warga memenuhi kewajiban melaksanakan upacara ngaben dengan biaya ringan, sementara tingkat upacara ”madya utama”, hingga tuntas sampai upacara ”Majar-ajar” ke Catur Parahyangan dan Sad Kahyangan,” kata Ketua Panitia Pelaksana Ngaben Massal 2017, Jmk. Gede Wenten di Singaraja, Kamis (25/05) sore.
 
Selaku Ketua Panitia Ngaben Massal, Jmk.Gede Wenten memaparkan rencana anggaran biaya pelaksanaan upacara Pitra Yadnya Tahun 2017 ini, sekitar Rp.251.170.000 merupakan swadaya masyarakat, di samping donator warga yang lebih mampu.
 
Ditanya biaya yang dikenakan setiap ”sawa”, dijelaskan Jmk.Gede Wenten, sebesar Rp7,5 juta, ”ngerapuh” Rp300 ribu dan ”ngelungah” Rp400 ribu.
Mantan Kelian Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal ini juga menjelaskan, selain melaksanakan upacara pitra yadnya, pihak panitia juga menyelenggarakan ”Metatah Massal” yang diikuti oleh kisaran lebih dari 20 orang.
 
Mengawali pelaksanaan upacara Ngaben Massal ini, pihak panitia mengajak masyarakat peserta melakukan kegiatan gotong royong pembersihan di arena tempat upacara nanti, di Jalan Parikesit, selatan Kantor Kelurahan Banjar Tegal, pada hari Minggu (28/05) pagi.
 
Sementara acara ”negem dewasa” pada hari Kamis (07/06) mulai pukul 16.00 Wita dan rangkaian upacara Pitra Yadnya Ngaben Massal Banjar Pakraman Banjar Tegal ini dipuput oleh Ratu Peranda Geria Mas (Liligundi) dan Ida Pandita Mpu Nabe Penglatan. (DN ~ TiR)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com