Bangun SDM Tangguh, Mas Sumatri Ajak Masyarakat Untuk Hidup Sehat dan Olahraga

Karangasem, Dewata News. Com -  Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri membuka acara penggerakan massa Gebyar Germas ( Gerakan Masya...


Karangasem, Dewata News. Com - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri membuka acara penggerakan massa Gebyar Germas ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di tingkat Kabupaten Karangasem, Jumat (26/5) di lapangan Tanah Aron,  Amlapura. 

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta,Dirjen Kesmas Kementerian Kesehatan RI diwakili oleh Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Ir. Dodik Iswadi,M.Kes, Kadis Kesehatan Provinsi, Direktur Rumah Sakit Mata Balimandara, Kadis PU Propinsi, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Ketua DPRD Kab. Karangasem I Nengah Sumardi,  Sekda Kab. Karangasem I Gede Adnya Mulyadi dan para kepala OPD di Lingkungan Pemkab Karangasem serta Brand Ambasador BPJS yang juga Motifator Hidup Sehat melalui aktifitas fisik/olahraga, Ade Rai.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wagub Sudikerta dan Dirjen Kesmas Kementerian Kesehatan RI diwakili oleh Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Ir. Dodik Iswadi,M.Kes serta rasa terima kasihnya karena Kabupaten Karangasem terpilih menjadi salah satu daerah Kampanye Gebyar Germas (Gerakan Masyarakat  Hidup Sehat). 

Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk membangun SDM yang sehat dan tangguh. "Dapat kita sadari bersama, bahwa sumber daya manusia yang tangguhlah yang mampu memenangkan persaingan dalam perkembangan Ekonomi Global saat ini," ujarnya. 

Bupati Mas Sumatri mengatakan, kegiatan Germas ini sangat mendukung visi dan misi Kabupatem Karangasem dalam upaya membangun masyarakat yang sehat. Bila masyarakat Karangasem telah mampu melaksanakan hidup sehat,  maka akan terwujud SDM yang cerdas dalam meningkatkan pembangunan di Karangasem. Baik pembangunan fisik mental dan spiritual yang secara langsung akan berakses pada kesejahteraan masyarakat. 

"Sehat itu mahal. Oleh karena itu marilah kita pertahankan dan tingkatkan kesehatan yang kita miliki dengan berprilaku hidup sehat diantaranya, tingkatkan aktifitas fisik,  makan buah dan sayur setiap hari,  cek kesehatan secara rutin untuk mendeteksi diri dari penyakit,  tidak merokok dan ditambah membrantas sarang nyamuk dengan gertak 3M, " terangnya. 

Sementara itu,  Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengatakan bahwa, perubahan pola penyakit yang sering disebut dengan transisi Epidemiologi ditandai dengan adanya peningkatan kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM)  seperti stroke, jantung,  diabetes  dan penyakit kanker. Dampak pemingkatan PTM ini  adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung masyarakat dan pemerintah, menurunnya produktivitas masyarakat,  menurunnya daya saing negara,  yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri. 

"Ayo mulai sekarang kita rutin berolahraga. Olahraga itu tidak sulit, kita bisa berolahraga yang murah tapi sangat bermanfaat untuk kesehatan, misalnya jalan kaki. Bergeraklah yang aktif agar kita tidak mudah terserang penyakit yang tergolong PTM, apalagi di usia menginjak Lansia," tuturnya. 

Kegiatan Germas yang diikuti 500 peserta serta dibuka dengan tarian penyambutan Puspa Hredaya juga diisi dengan pencanangan Germas diikuti dengan pelepasan balon dan penandatanganan penggalangan komitmen lintas sektor untuk mendukung Germas oleh Wagub Sudikerta, Dirjen Kesmas Kementerian Kesehatan RI diwakili oleh Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Ir. Dodik Iswadi,M.Kes, Kadis Kesehatan Propinsi, Direktur Rumah Sakit Mata Balimandara, Kadis PU Propinsi,  Bupati Mas Sumatri,  Wabup Artha Dipa,  Ketua DPRD Nengah Sumardi, Sekda Kab. Karangasem Adnya Mulyadi dan para kepala OPD di lingkungan Kab. Karangasem. Serta dimeriahkan dengan senam sehat bugar, konsumsi buah dan sayur bersama, pemeriksaan kesehatan gratis,  lomba makan buah,  lomba fruit carving,  lomba mewarnai anak anak,  pameran sayur dan buah,  pameran media Germas dan ditutup dengan pementasan bondres.

Berita Terkait

Kabar Karangasem 6019166901319810433

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Pemerintah Provinsi Bali

Pemerintah Provinsi Bali

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item