Agung Wiranata Kusuma Gantikan Suarnata Jadi Kapolsek Kota Singaraja

Buleleng,  Dewata News. Com  —   Komisaris I Nyoman Suarnata yang murah senyum kurang empat bulan dari perjalanan 2 tahun menjabat Kepa...


Buleleng, Dewata News. Com — Komisaris I Nyoman Suarnata yang murah senyum kurang empat bulan dari perjalanan 2 tahun menjabat Kepala Kepolisian Sektor Kota Singaraja, pada hari Kamis (20/04) resmi menanggalkan tanda jabatan sebagai Kapolsek yang selanjutnya diserahkan kepada Komisaris Anak Agung Wiranata Kusuma.
 
Pergeseran jabatan Kapolsek Kota Singaraja Komisaris I Nyoman Suarnata dan Kapolsek Seririt Komisaris Agung Wiranata Kusuma, termasuk tiga jabatan Kapolsek lainnya di antara sembilan kapolsek di wilayah hukum Polres Buleleng.merupakan upaya penyegaran organisasi di lingkungan Kepolisian, pasca Pilkada Buleleng 2017.
 
Tiga jabatan Kapolsek lainnya yang mengalami pergeseran, yakni Kapolsek Sukasada Komisaris I Gede Arya Wibawa, Kapolsek Gerokgak Komisaris I Gusti Alit Putra dan Kapolsek Tejakula AKP Putu Mangku Yasa. Dari rangkaian pergeseran lima jabatan kapolsek dimaksud, juga menyentuh digesernya jabatan Kasat Binmas Polres Buleleng, AKP I Wayan Sartika.
 
Di antara lima jabatan kapolsek yang tetap berada di jajaran Polres Buleleng, yakni Komisaris Agung Wiranata Kusuma menuju kursi jabatan Kapolsek Kota Singaraja yang ditinggalkan Komisaris I Nyoman Suarnata menempati tugas baru sebagai Kasi Pasdal Subdit Dalmas Direktorat Sabhara Polda Bali. Sementara jabatan Kapolsek Seririt yang ditinggalkan Komisaris Agung Wiranata Kusuma ditempati oleh Komisaris Loduwyl Tapilaha yang sebelumnya Kasat Sabhara Polresta Denpasar.
 
Sememtara jabatan Kapolsek Gerokgak yang ditinggalkan Komisaris I Gusti Alit Putra untuk menempati jabatan sebagai Kanit IV Subdit I Direktorat Resnarkoba Polda Bali dan penggantinya dipecayakan kepada Komisaris Ketut Relo Kusada yang sebelumnya bertugas sebagai Gadik Madia di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Singaraja.
 
Sementara Kapolsek Sukasada Komisari Gede Arya Wibawa melesat menuju kursi jabatanKasat Intelkam Poltabes Denpasar dan jabatan yang ditinggalkan dipercayakan kepada Kompol Ketut Darmita yang sebelumnya menjabat Kapolsek Melaya, Polres Jembrana.
 
Kapolsek Tejakula AKP Putu Mangku Yasa mengalami pergeseran menjadi Panit IV, Subdit III Direktorat Intelkam Polda Bali,dan penggantinya AKP I Wayan Sartika yang mantan Kasat Binmas Polres Buleleng yang digantikan oleh AKP Ketut Widiasa Sangku yang sebelumnya sebagai Kanit Bimas Polsek Sukasada.
 
Komisaris Agung Wiranata Kusuma sebelumnya menempati jabatan Kapolsek di wilayah segi tiga emas Kabupaten Buleleng yang konon mendapat sebutan “Texas” Seririt. Putra Tukadmungga, Buleleng ini, tidak asing di jajaran Polres Buleleng, karena sebelum mendapat kepercayaan menjadi Kapolsek Seririt, sudah pernah melaksanakan tugas di Kesatuan Lalu Lintas sebelum menjalani mutase ke Polda Bali.
 
Dari wilayah yang tahun 1976 digoncang gempa berkekuatan 7,5 richter dengan 135 orang korban jiwa meninggal itu, Agung Wiranata Kusuma mendapat kehormatan untuk menduduki kursi jabatan Kapolsek Kota Singaraja yang hingga saat ini menjadi rebutan para perwira yang berpangkat Komisaris.
 
Sementara pejabat yang diganti, yakni Kompol I Nyoman Suarnata merupakan Kapolsek yang terbilang ramah dan selalu dekat dengan segala potensi yang berkembang ditengah-tengah masyarakat tersebar di 29 desa-keluirahan dalam wilayah Kecamatan Buleleng.
.
Selama menjabat sebagai Kapolsek Kota Singaraja dirinya selalu koordinasi dengan Kapolres Buleleng dan anggota di jajarannya dalam melaksanakan tugas mewujudkan stabilitas kamtibmas (keamanan, ketertiban masyarakat).
 
Mantan perwira Biak, Papua yang pernah bertugas  di Bandara International Frans Kaiseipo, Papua   ini dalam menjalankan tugasnya senantiasa berupaya memberikan panutan kepada jajaran Polsek Singaraja dengan landasan motto Polri.
 
”Kita sesuai Motto Polri Lindungyanmas dan Gakkum itu yang menjadi acuan saya. Prinsip ada kegiatan masyarakat, kita anggota Polsek harus selalu ada di tengah-tengah mereka,” paparnya.
 
Menurut Nyoman Suarnata, yang paling penting kerukunan dan keharmonisan dalam rumah tangga anggota itu yang menjadi prioritas kami selama menjalankan tugas itu.  Dan hal itu dilakukan murni dari diri perwira humanis ini yang belum genap sebulan ini sudah dikaruniai seorang cucu.
 
”Apa yang saya lakukan terciptanya kerukunan dan keharmonisan dalam rumah anggota untuk kepentingan masyarakat demi terwujudnya Polri yang Profesional dan humanis  yang dicintai dan disegani masyarakat,” ujarnya.
 
Komisaris humanis Nyoman Suarnata yang teranyar dilakukan, yakni memberdayakan Pecalang dalam ikut membantu tyerwujudnya Kamtibmas yang merupakan kebutuhan masyarakat, Karena itu, dalam Selanjutnya, dengan berbagai pengalaman yang dipetik di ”kawah candra dimuka” Buleleng akan mampu mempedomani tugas barunya di Polda Bali.
 
Karena itu, pelayanan di SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) di Polsek Kota Singaraja  selalu respon dan tanggap terhadap laporan dari masyarakat.  (Made Tirthayasa)

Berita Terkait

Kabar Buleleng 4641266484850402844

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Pemerintah Provinsi Bali

Pemerintah Provinsi Bali

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item