Gelar Parade Ogoh-Ogoh Pertama di Nusa Penida, Ribuan Warga dan TurisTumpah Ruah

Klungkung, Dewata News. Com -  Untuk pertama kalinya, parade ogoh ogoh digelar di Kecamatan Nusa Penida. Bertempat di Lapangan Umum Sam...


Klungkung, Dewata News. Com - Untuk pertama kalinya, parade ogoh ogoh digelar di Kecamatan Nusa Penida. Bertempat di Lapangan Umum Sampalan, parade dalam rangka menyambut perayaan Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Caka 1939 ini di buka oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta Sabtu (18/3).

Meskipun cuaca panas namun ribuan penonton dari berbagai polosok Nusa Penida, mulai dari anak anak sampai orang tua hadir menyaksikan event yang baru pertama kali digelar ini. Dan bahkan banyak turis asing yang kebetulan sedang berlibur di Nusa Penida pun ikut berbaur di tengah kerumunan warga. 

Namun yang paling dominan tentunya para muda mudi Nusa Penida yang dengan raut muka sumringahnya memamerkan hasil karya ogoh ogoh mereka dihadapan ribuan pasang mata yang menyesaki Lapangan Umum Sampalan. Parade dimulai pada pukul 15.30 wita, peserta yang ikut dalam parade melibatkan 13 desa kecuali Kampung Toyapakeh serta tidak hadirnya Lembongan dan Jungutbatu karena terbentur dengan upacara karya yang digelar di Jembatan Kuning. Masing masing peserta diberikan kesempatan menampilkan ogoh ogoh mereka dengan diiringi drama tari serta gamelan gong kebyar.

Ketua Panitia I Dewa Ketut Suspriawijaya mengatakan parade ogoh-ogoh merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada Sekaa Teruna maupun Karang Taruna. Acara ini dimaksudnya selain menghibur masyarakat juga sebagai permersatu menyambut Hari Raya Nyepi. “Tahun ini adalah pertama kalinya kita menggelar parade, sebelumnya parade dilakukan saat pengerupukan hanya di wilayah masing-masing Desa, “ ucap Suspriwijaya. 

Dari sekian peserta yang tampil, ada yang penampilan yang paling ditunggu tunggu yakni ogoh ogoh Karang Taruna Sila Jaya, Desa Batununggul. 

Duta Kecamatan Nusa Penida untuk lomba ogoh-ogoh di tingkat Kabupaten Klungkung. Ogoh Ogoh ini yang nantinya akan mewakili Kecamatan Nusa Penida pada lomba ogoh ogoh di tingkat kabupaten tanggal 23 Maret 2017 nanti di Klungkung Daratan.

Sementara itu Bupati Nyoman Suwirta mengatakan, melalui parade ogoh ogoh  ini diharapkan akan semakin menguatkan adat seni dan budaya masyarakat ditengah perkembangan pariwisata di Nusa Penida. Dengan kegiatan pembuatan ogoh ogoh ini, para muda mudi  diharapkan bersatu bergotong royong serta bersaing dalam menciptakan sebuah karya seni ogoh ogoh selain nantinya digunakan untuk menyambut Hari Raya Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1939. “Dengan hadirnya banyak wisatawan asing yang ikut menyaksikan parade ini, hal ini telah membuktikan bahwa promosi kita telah berhasil, dan melalui parade ini kita tunjukkan bahwa Nusa Penida tidak hanya memiliki keindahan alam laut, namun juga kesenian adat dan budaya,dan kita akan gelar kegiatan ini setiap tahun,”ujar Bupati Nyoman Suwirta 

Parade ini juga turut disaksikan oleh Ketua DPRD Klungkung I Wayan Baru, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Forkominca Nusa Penida, Majelis Alit Desa Pakraman I Wayan Supartawan, perbekel se- Nusa Penida serta bendesa adat.(*)

Berita Terkait

Kabar Klungkung 2134481873683552425

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item